gambar mesin motor

Bagaimana Memperbaiki atau Mengatasi Motor yg Mogok / Ngadat mendadak

Motor bro tiba2 mati mendadak? Itu adalah hal yg biasa, tak peduli berapapun umur motor bro, jika sudah takdir mogok, maka terjadilah. Motor barupun tidak bebas dari masalah yg namanya ngadat, banyak faktor yg menyebabkan motor bro tiba2 mogok. Coba ingat, apakah motor bro pernah kejebak banjir atau pernah kehujanan? Pasti pernah, jadi bro harus waspada motor anda tiba2 mogok. Nah masalahnya, bagaimana jika motor bro mogok, dan di sekitar gak ada bengkel, yah katakanlah bengekel yg terdekat berkilo2 jauhnya. Jadi bro harus berusaha memperbaiki motor yg tiba2 mogok tersebut.

gambar mesin motor

Kemampuan seorang pengendara motor untuk memperbaiki masalah masalah kecil sangat penting. Jadi simak baik2 tips sederhana yg saya tulis agar bro bisa memperbaiki motor yg tiba2 ngadat atau mogok. Terus alat apa saja yg harus bro sediakan, yg harus selalu stanby di motor atau di tas?

Selalu membawa kunci pas, 10, 12, dan 14 bro pasti sudah taukan bagaimana bentuk dari kunci pas tersebut. Setelah itu bawa kunci busi, kertas gosok / amplas, dan jangan lupa membawa obeng, bawalah obeng belimbing dan obeng min, setelah itu jangan lupa membawa kain lap (pasti ada gunanya), setelah itu bawalah selalu busi cadangan. Dan selalu cek busi tersebut dalam keadaan baik. Memang sedikit merepotkan membawa alat2 tersebut tapi akan sangan membantu saat bro terkena masalah motor mogok mendadak.

Langkah pertama yg harus bro lakukan adalah, menganalisa apasih sebabnya mesin ngadat tidak mau jalan, coba cek bensin, masih terisi atau memang sudah kosong. Dan periksa apakah bensin lancar mengalir ke karburator. terus bagaimana cara mengeceknya? Caranya bro copotlah dari tangki yg ujungnya menancap pada karburator, buka baut pembuatan bensin yg letaknya biasanya di bawah karburator, nah, kita buka dengan menggunakan obeng minus, setelah bro bukak dan ternyata bensin tidak ada yg keluar, cobalah cek filter dari bahan bakar tersebut, apakah tersumbat atau tidak. Namun, jika ternyata bensin masih mengalir dengan lancar, pasti masalahnya bukan aliran bahan bakar ke karburator.

Jangan lupa untuk mengecek busi, periksa apakah busi tersebut renggang. Kutub busi yg bagus, biasanya kerenggangannya 1 – 1,5 mm. Nah bersihkan kutub busi tersebut menggunakan kain amplas yg tlah bro sediakan tadi.

 

Langkah Ke dua, kita cek pengapian yg dihasilkan. Setelah tadi kita membersihkan busi menggunakan kain amplas, pasang kembali busi berikut kabelnya, dan test dengan menempelkan body busi ke body mesin, dan coba bro starter. Saat starter, kita cek apakah ada api yg keluar dari ujung busi, dalam mengecek perapian ini jangan sampai kena strum, hati – hati jangan memegang ujung busi menggunakan tangan koisong, atau menggunakan bahan besi.

 

Lalu bagaimana langkah kita jika tidak terlihat percikan api? Nah ambil busi cadangan yg selalu bro sediakan motor, kita ganti yg lama dengan yg baru. Setelah bro starter dan masih tidak ada pembakaran, atau tidak ada api. bisa bro simpulkan ada masalah pada sistem pengapian. coba cek kabel, atau sambungan kabel, mungkin ada yg longgar. Lihat koil dan lihat CDI, bro bisa urut semuanya kabel2 tersebut yg mengarah ke koil, yg mengarah ke busi dan CDI. Ini memang memerlukan pengetahuan lumayan tentang motor, karena gak semua orang awam yg tau apa itu koil, apa itu koil, setelah semua bro cek, cobalah hidupkan motor kembali, dan jika masih tidak menyala atau tiak ada percikan api, bisa jadi CDI atau koilnya rusak. nah kalau sudah seperti itu, jalan satu2nya adalah bengkel yg sudah berpengalaman.

 

Selanjutnya yg no tiga. Coba cek nyala api dari businya.

Warna – warna yg di hasilkan oleh pengapian, itu bisa menjadi penentu langkah selanjutnya. Saat bro starter motor dan  nyala busi kemerahan, dan nyalanya kecil tersendat-sendat, coba bro test menggunakan busi yg lain. Jika percikan api berwarna bitu terang dan besar, berarti busi yg lama memang sudah rusak, ganti dengan busi baru. Biasanya sepengalaman saya motor bisa hidup.

 

No empat, Busi masih dalam keadaan baik, namun motor kita masih tidak mau menyala, ada beberapa kemungkinan. ada setelan yg tidak cocok pada pengapian, walaupun ini jarang terjadi secara mendadak, jadi kemungkinan terbesar, masalahnya ada pada karburator, mungkin pernah kebanjiran, dan airnya masuk pada karburator. Bisa juga, pada saat banjir tersebut, bensin tercampur dengan air. Dan solusinya, kendorkan baut yg menancap ke karburator, lepaskan selang tersebut, dan buang sedikit bensinnya. Biasanya air mengendap pada tangki bensin bagian bawah, karena air itu masa jenisnya lebih besar dari bensin.

Terus bagaimana, jika karburator kebanjiran? Nah ini perlu pengalaman dan saya pikir, bro yg orang awam akan kesulitan. Untuk sementara tutup kran tangki dengan cuk, buka tutup sekaligus dan coba motornya di hidupkan, pakai starter kaki. Dan kalau masalahnya masih tetap, kita cek lagi businya, memang agak merepotkan, di bandingkan dengan jalan berkilo-kilo, tidak ada salahnya di coba. Nah jika ujung busi tersebut basah, bisa di pastikan motor bro pernah kebanjiran, dan air sudah masuk ke ruang bakar, solusinya ruang bahan bakar di bersihkan dulu. Lalu bagaimana caranya? Businya di biarkan dulu, jangan di pasang, nah lubang busi tersebut, sumbat dulu pakai kain. Tahan pakai tangan, dan ini kita memerlukan bantukan orang lain untuk menstarter motor dengan kaki beberapa kali, dan akan terdengar suara letupan, dan kalau sudah terdengar suara letupan, pasangin lagi itu busi, dan hidupkan kembali motornya. Dan ingat kompresi dalam keadaan normal, pengapian juga normal, kalau langkah langkah tadi di ikuti, dan masalah motor ngadat karebanjir akan teratasi.

 

Demikianlah tips untuk mengatasi motor ngadat secara tiba-tiba, atau mogok secara tiba-tiba. Saya berharap bro terbantu dengan tips yg saya tuliskan, dan pastikan jika bro benar2 awam soal motor, jangan lupa cata no telepon bengkel keliling, atau bro memiliki bengkel mekanik hubungi dia.

Incoming search terms: