Pelampung dalam tangki bensin

Cara Memperbaiki Indikator Bensin Pada Motor Dengan Mudah

Pernahkah bro mengalami suatu kejadian dimana bensin habis padahal indiklator bensin menunjukkan bensin dalam keadaan penuh. Saya pernah merasakan, dan itu benar-benar pengalaman berharga dan itu akan menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi saya. Saya harus mendoronmg motor untuk menemukan SPBU syukur-syukur ada kios mini  yang menjual bensin eceran. Dan taukah bro berapa lama saya harus mendorong motor di bawah sengatan matahari di siang hari, ya saya mendorong motor lebih dari satu jam. Berkeringat, pengap, kepanasan, haus, semua lengkap menjadi satu.

Indikator bensin jarum motor

Hal itu disebabkan karena indikator bensin pasa motor saya mengalami kerusakan, Sebelum saya lanjutkan ke langkah -langkah perbaikan indikator bensin, jangan lupa membaca artikel saya sebelumnya tentang komponen apakah yang akan cepat rusak jika kita sering melewati jalan berlubang. Oke mari kita lanjutkan ke topik, langkah-langkah apa saja yang diperlukan untuk memperbaiki indikator bensin yang rusak atau tidak sesuai.

Pertama yang harus bro cek adalah aki, untuk mengetahui ciri-ciri aki yang rusak, itu adalah perkara yang gampang. Coba hidupkan motor dengan starter tangan, jika hidup dengan lancar itu berarti aki motor dalam keadaan baik. Satu lagi cara yang bisa bro lakukan adalah dengan memencet klakson, jika suaranya bagus dan besar, itu pertanda aki dalam keadaan baik.

Langkah selanjutnya, setelah bro cek, ternyata aki dalam keadaan baik, maka kita melangkah ke pelampung. Langkah untuk mengecek keadaan pelampung adalah dengan membuka jok, di sebelah tutup bensin, ada semacam besi yang terdapat kabel trus direkatkan pada body dengan baut. Bukalah komponen tersebut gunakan obeng plus, selanjutnya lepas soketnya dan pada dua kabel yang terbuka atau mengangga coba bro hubungkan. Untuk menghubungkan kabel ini, bisa menggunakan jumper atau pergunakan penghantar listrik  yang lain. Nah setelah bro lakukan langkah tersebut, ternyata indikator bensin bergerak, berarti pelampung dalam keadaan rusak.

Pelampung dalam tangki bensin

Apakah penyebab pelampung itu menjadi rusak? Biasanya saat bro mengisi bensin, karena tekanan dari bensin yang dikucurkan di SPBU, tekanannya mengenai switch dan ini menyebabkan switch yang ada pada pelampung tersebut menjadi renggang. Sebaiknya segera bro ganti komponen tersebut dengan yang baru. Jika bro akali dengan menambahkan cincin, tentu saja ini solusi jangka pendek. Tapi  untuk jangka panjang, lebih bijaksana kalau bro beli yang baru.

Selanjutnya, urutlah jalur kelistrikan, bro cek jalur tersebut. Kabel yang dari aki menuju ke sekering, trus urut lagi ke kunci kontak, indikator bensin, setelah itu cek juga kabel yang menuju ke pelampung. Ceklah menggunakan alat pengukur arus amperemeter. Jika ada arus yang tidak normal, berarti permasalahan terdapat pada kabel-kabel tersebut.

Selanjutnya setelah semua komponen bro cek seperti langkah sebelumnya, ternyata semuanya masih normal, berarti kemungkinan yang rusak adalah spedometer. Jika kerusakan pada spedometer masih dalam tahap ringan, maka perbaiki. Namun jika keadaan komponen spedometer sudah begitu parah, sebaiknya bro ganti dengan yang baru.

Untuk pelampung saya kelupaaan langkah yang perlu dilakukan. Biasanya komponen piranti yang ada pada soket pelampung itu kotor dan berkarat, sehingga menjadi penyebab indikator bensin memberikan petunjuk yang salah. Setelah bro bersihkan dari karat dan kotoran, lalu cek dengan cara kembalikan ke posisi pada soket ke pelampung, setelah itu posisikan kunci kontak motor dalam posisi on. Geserlah pelampung itu pelan-pelan naik dan turun, bro perhatikan indikator bensin pada spedometer, kalau posisi pelampung berada di atas, tapi pada spedometer menunjukkan indikator bensin habis, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Demikian tips sederhana untuk memperbaiki indikator bensin yang rusak. bagi bro yang orang awam, sebaiknya jangan melakukan langkah-langkah di atas. Langkah di atas memerlukan pengetahuan dasar-dasar perbengkelan, tapi kalau tetep nekat dan ingin belajar, resiko di tanggung sendiri.

Incoming search terms: