Cara Mengetahui Apakah Sebuah Mobil Sudah Pernah Tabrakan Atau Belum

Mengetahui sebuah mobil sudah pernah tabrakan atau belum, tentu saja merupakan salah satu factor penting saat bro ingin membeli mobil bekas. Mobil bekas harganya bisa sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan mobil baru. Banyak pertimbangan saat seseorang ingin membeli mobil bekas, salah satunya ingin mendapatkan kendaraan dengan kualitas bagus namun dengan harga yang agak murah.Contoh Mobil Tabrakan

Ada beberapa orang yang lebih memilih mobil bekas berharga ratusan juta rupiah jika harus memilih dengan membeli mobil LCGC keluaran sekarang. Pertimbangannya antara lain, bahan yang digunakan pada bodi mobil bekas tersebut lebih baik serta factor fitur keselamatan yang terdapat pada mobil bekas lebih mumpuni jika dibandingkan dengan mobil murah keluaran sekarang.

Baiklah agar pembahasan ini tidak semakin melenceng jauh ke perbandingan mobil bekas VS mobil LCGC, kita langsung melangkah ke cara mengetahui mobil yang sudah pernah tabrakan atau kecelakaan. Pada mobil yang sudah pernah tabrakan tentu fisiknya memiliki banyak kerusakan, dan banyak komponen yang sudah tidak layak digunakan. Mobil bekas tabrakan, bodinya ada cacat di beberapa bagian, suspense juga biasanya bermasalah, kaki-kai mobil, serta kondisi mesin.

Bagi yang sudah berpengalaman dalam membeli mobil bekas pasti akan sangat menghindari membeli kendaraan yang sudah kecelakaan. Mobil yang sudah pernah mengalami tabrakan akan memberikan banyak masalah yang harus dibereskan bagi pengguna yang kebetulan sedang sial sehingga membeli kendaraan tersebut. Mari kita bahas lebih rinci, step step yang harus bro ketahui untuk mobil yang sudah pernah tabrakan.Gambar Mobil Bekas

1. Yang pertama bro bandingkan antara cat pada bodi secara keseluruhan, apakah warnanya masih seragam atau sudah ada warna yang sudah tidak singkron. Mobil bekas kecelakaan tentu saja pada bodinya akan banyak terdapat bekas goresan atau lecet, dan tentu kalau tabrakan parah akan penyok. Dan bagi para penjual tentu harus mensiasati hal itu agar produknya laku dengan nilai yang cukup tinggi. Cara yang dilakukan para penjual tersebut adalah melakukan pengecatan pada bagian yang lecet. Nah untuk melihat ketidak singkronan antara warna cat alami dengan yang sudah dicat ulang, tentu bro harus teliti.

2. Cara yang kedua adalah dengan mengamati kaca depan dan kaca belakang. Mobil yang sudah pernah tabrakan, apalagi sampai kacanya pecah tentu saja para penjual akan mengganti kaca yang pecah dengan yang baru. Dan untuk hal ini bro bisa mengeceknya dengan cara melihat kaca depan dan belakang dengan teliti, pasti pemasangannya tidak sempurna. Dan untuk lebih meyakinkan lagi, bro bisa menyemprotkan air pada kaca depan atau belakang. Dan jika pada saat mengganti kaca tersebut pemasangannya kurang baik, air akan merembes melalui celah kaca.

3. Cara yang ketiga adalah dengan melihat keserasian lekukan pada bodi mobil. Mobil yang sudah pernah mengalami kecelakaan yang parah tentu harus membawanya ke bengkel khusus ketok, agar bodinya bisa kembali mendekati semula. Di bengkel, bodi yang rusak parah tersebut akan dibuat seperti semula dengan cara dipalu. Tentu saja cara ini memiliki kelemahan yang tidak mungkin mengembalikan lekukan bodi 100% seperti semula. Pada saat membeli mobil, bro perhatikanlah lekukan yang terdapat pada mobil. Jika sudah pernah mengalami kecelakaan parah dan di bawa ke bengkel ketok, tentu saja akan terdapat lekukan yang tidak serasi atau melenceng dari seharusnya.

4. Cara selanjutnya tau yang keempat dengan cara test drive. Hidupkan mobil lalu jalankan, kebanyakan penjual mobil bekas pasti mengijinkan calon konsumennya untuk test drive atau sekedar menghidupkan mobil. Namun memang ada beberapa penjual yang tidak mengijinkan calon pembelinya untuk test drive, hal ini mungkin dikarenakan kondisi mobil yang ingin disembunyikan. Jika diijinkan untuk test mengemudikan, cobalah kendarai mobil pada kecepatan sedang lalu pacu hingga mencapai kecepatan 60 km/jam. Jika bro sudah pernah mengendarai mobil tentu bro akan tau apakah ada yang tidak beres pada mobil bekas yang hendak dibeli. Sekali-kali feeling juga perlu dipercai bro. jika mobil yang hendak dibeli sudah pernah mengalami kecelakaan yang cukup parah, biasanya bila kemudi dilepaskan mobil akan condong ke kiri atau kekanan, tidak mau lurus stabil.

Demikianlah informasi yang dapat saya berikan tentang bagaimana mengetahui apakah sebuah mobil pernah tabrakan atau belum. Bagi bro yang benar-benar serius untuk mendapatkan mobil bekas yang tidak pakai, saya sarankan untuk melihat atau mencoba kendaraan bekas sebelum memutuskan membeli. Karena semakin banyak bro mencoba mobil, bro akan semakin berpengalaman dan saat mendapatkan mobil dengan kondisi pas, bisa langsung bro angkut tanpa ragu. Namun jika bro masih kurang percaya dengan analisis sendiri, lebih baik membawa teman yang lebih mengerti atau bisa juga meminta tolong teman yang bekerja di bengkel dan sudah biasa memperbaiki mobil bekas.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk bro yang saat ini sedang hunting mencari mobil bekas yang akan digunakan untuk menunjang segala aktivitas. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa baca juga artikel tentang Merawat Moge Kesayangan.

Incoming search terms: