Cara Mengganti Per dan Mensetting Balance Motor Bajaj Pulsar

Bagi bro yang memiliki motor pulsar tentu tau kalau mesin motor ini lumayan berisik. Tentu saja bagi yang merawatnya, masalah mesin tersebut tidak akan terjadi. Seperti judul di atas, yaitu tentang per balance. Per ini akan cepat rusak jika bro telat mengganti oli, jadi selalu perhatikan keadaan motor. Untuk mengganti per balance dari produk keluaran bajaj ini sangatlah mudah. Bro bisa kerjakan sendiri, tentu saja dengan modal nekat dan sedikit pengetahuan tentang mesin.

motor spedometer dan mesin pulsar

Sebelum bro mengganti per balancenya, bro lihat dulu kondisi pegas yang terdapat dalam balance tersebut. Pergunakanllah kunci T8, lepaskan baut-baut dari bak kopling menggunakan kunci T8. Setelah bak terlepas, selanjutnya copot juga plat kopling. Pergunakan kunci treker, yaitu kunciĀ  yang dipergunakan khusus untuk kopling. Onderdil balance setelah lepas dari dudukannya, copotlah per yang ada pada balance tersebut. Sebaiknya ganti per dengan per baru yang telah bro sediakan. Setelah di ganti putarlah gigi balance, putar berlawanan arah jarum jam. Setelah mengganti komponen tersebut, mesin motor kesayangan pulsar bro akan semakin enak didengar.

Selanjutnya untuk menseting balance pulsar. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Settingan pada balance ini ada dari satu sampai empat. Bro harus perhatikan, semakin tinggi posisi setingan dari balance ini menyebabkan gesekan terhadap mesin semakin besar. Settingan 1-4, semakin tinggi setingan semakin halus suara mesin, dan juga semakin keras gesekan balance tersebut kepada mesin. Maksimal bro posisikan pada setingan no 3, jika bro nekat, setingan no 4 bisa dilakukan, tapi sangat tidak dianjurkan, karena akan membuat balance cepat rusak. Jika bro ingin komponen balance ini awet, maka pergunakanlah settingan standar pabrik yaitu pada posisi 1.

Demikian tips bagaimana mengganti per balance serta menseting balance dari motor bajaj pulsar. Semoga tips yang kami tulis di atas bermanfaat untuk bro sekalian pengunjung website ini. Jangan lupa selalu berkendara dengan aman, utamakan keselamatan dan pengguna jalan lain. Terima kasih sudah membaca.

Incoming search terms: