Cara Menghilangkan Suara Ledakan Pada Knalpot

Saya yakin bro semua pengendara motor  yang sedang membaca artikel ini pernah mendengar suara letupan atau tembakan dari knalpot. Suara yang keluar dari knalpot itu memanglah tidak enak untuk di dengar, apalagi kalau suara itu keluar dari knalpot motor kesayangan kita.

Pernahkah bro menyadari pada saat bagaimana suara knalpot nembak itu muncul? biasanya suara ini muncul saat kita tiba-tiba melemaskan tarikan gas motor. Banyak penyebab kenapa knalpot kita bisa mengeluarkan suara seperti itu, salah satunya adalah karena suplay bahan bakar tidak normal. Bisa juga karena sistem pembuangannya yang bekerja tidak maksimal. Penyebab lainnya adalah terjadinya kerusakan pada bagian penyuplai udara ke ruang bakar.

gambar knalpot motor

Salah satu komponen motor yaitu busi bisa juga menjadi penyebab timbulnya suara tersebut. Busi yang elektrodanya terlalu basah atau memiliki banyak kerak, sehingga percikan api tidak sempurna.

Ausnya air screw pada karburator bisa jadi penyebabnya juga. Packing knalpot yang kondisinya sudah tidak layak pakai atau rusak bisa juga menjadi penyebabnya. Celah antara bibir knalpot dengan saluran buang pada mesin terjadi celah atau terdapat celah. Faktor yang paling sering menyebabkan suara letupan adalah gas buang mengalami kebocoran. Karena seperti yang saya sebutkan tadi packing knalpot yang sudah tidak layak pakai membuat celah antara bibir knalpot dan saluran buang. Jika penyebabnya karena packing atau bro sudah melihat packingnya rusak, perbaikilah.

Penyebab lain dari suara letupan tersebut adalah AISnya. apakah bro tau apa itu AIS? AIS adalah singkatan dari Air Injection System. Lalu apa fungsi dari sistem ini? sistem ini berfungsi untuk mengurangi kepekatan gas buang dengan cara menginjeksi gas O2 ke dalam lubang Exhaust, sehingga sisa pembakaran bisa dinetralisir dengan di campur O2 dari AIS.

Suara letupan itu muncul pada saat gas sisa pembakaran tidak ikut keluar dari lubang Exhaust. Letupan ini jika penyebabnya karena AIS tidaklah berpengaruh terhadap tenaga motor. Namun jika bro merasa terganggu dengan suara ini yang disebabkan AIs. Bro bisa mengurangi tekanan angin pada AIS. Normalnya adalah 2,5 putaran, bro kurangi menjadi 2 putaran saja.

Bro juga bisa mematikan AIS tersebut. Caranya adalah cabut selang dari lubang AIS, terus pipa yang masih menempel tersebut bro pasangi baut 10 atau 12. Lalu dilem dengan lem besi.

Pada selang yang berasal dari intake manifold bro masukin pelor komstir atau di tekuk lalu di ikat. Jika penyebabnya karena AIS motor bro mengeluarkan suara letupan, dapat dipastikan setelah melakukan langkah di atas penyakit letupan akan menghilang.

Demikianlah cara menghilangkan suara letupan pada knalpot motor, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat  untuk bro semua.

Incoming search terms: