Merawat dan membersihkan busi

Cara Merawat Busi Pada Motor serta Tip Membersihkannya

motorcycleproductinfo.com – Tentu bro semua tau, busi merupakan komponen yang begitu penting untuk motor. Kecil memang, tapi jangan remehkan fungsi dari busi. Lalu apakah fungsi dari busi? Busi berfungsi untuk memberikan percikan api pada ruang bakar di dalam mesin. Perawatan untuk busi relatip mudah jika dibandingkan dengan komponen lain yang ada pada proses pembakaran.

Merawat dan membersihkan busi

Sebelum saya melanjutkan ke langkah-langkah bagaimana cara sederhana untuk merawat busi, saya ingin bertanya. Apakah pernah bro merasakan motor tiba-tiba mogok, atau mati? Sebelumnya di website ini saya pernah menulis tentang memperbaiki motor yang mogok mendadak. Pada artikel tersebut busi merupakan salah satu komponen yang di cek, jika motor tiba-tiba mogok.

Busi selain harus di rawat juga perlu di ganti secara rutin. Sebelum menulis tentang tips sederhana untuk merawat busi. Ada baiknya bro mengetahui tentang jenis busi. Busi yang beredar di pasaran Indonesia ada empat macam. Yaitu busi standar, platinum, racing, dan iridium. Dan tentu saja pengapian untuk masing-masing busi memiliki karakter yang berbeda. Kempat jenis busi tersebut memiliki kemampuan yang sama untuk mendeteksi hasil pembakaran yang terjadi di ruang mesin.

Cara untuk mendeteksi hasil pembakaran adalah bro lihat dan amati warna dari ujung kepala busi. Jika berwarna hitam artinya bensin lebih banyak komposisinya dibandingkan udara pada ruang bakar. Sedangkan jika berwarna putih adalah sebaliknya, udara lebih banyak dari bensin. Untuk mendapatkan performa motor yang maksimal proses pembakaran harus seimbang antara udara dan bensin.

Oke, kembali lagi ke topik kita, yaitu cara sederhana membersihkan busi. Busi biasanya ditempeli oleh kerak-kerak, jadi bersihkanlah kerak tersebut menggunakan sikat kawat. Yang perlu bro perhatikan jangan pergunakan amplas. Kenapa? karena amplas itu bisa memperpendek umur busi, karena torak pada busi menjadi tipis. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah kondisi busi masih bagus atau perlu di ganti. Caranya ternyata cukup sederhana bro, tempel kepala busi pada blok silinder, kemudian hidupkan motor dengan starter kaki, cobalah beberapa kali. Dan perhatikan warna yang dihasilkan dari percikan yang muncul dari busi. Kalau yang muncul warna biru, itu tandanya busi pada motor masih dalam keadaan baik atau normal.

Biasanya percikan busi terhalang oleh kerak. Seperti yang saya sebutkan di atas, bersihkanlah busi tersebut menggunakan sikat kawat. Selain dengan membersihkan busi, bro juga harus mempertimbangkan untuk mengganti busi tersebut setelah motor mencapai beberapa kilometer. Biasanya busi  harus sudah di ganti saat kilometer sudah ada pada 10.000 keatas. Tapi bro juga harus perhatikan dengan kondisi motor, dan cara dalam mengendarai motor. Demikian tips sederhana untuk membersihkan busi. Semoga bro sekalian yang mengunjungi website ini mendapatkan manfaat dari artikel ini.

Jangan lupa untuk membaca juga tips bagaimana memperbaiki karburator, pada tips tersebut bro akan mengetahui bagaimana cara membersihkan karburator. Diantaranya dengan melepaskan klem penghubung antara venturi dan saringan udara. Trus tentang membersihkan spuyer jet. Untuk lebih jelasnya langsung saja meluncur ke artikel tersebut.

Incoming search terms: