Cara Sederhana Bagaimana Merawat Mobil Diesel

Mobil diesel belakangan ini semakin banyak diminati konsumen kendaraan roda 4 di Indonesia. Tentu saja hal ini karena harga yang diberikan bervariasai serta nyaman untuk kantong. Begitu banyak produsen otomotif di dunia yang berlomba menciptakan berbagai variasi mobil diesel. Tentu saja menyesuaikan dengan teknologi yang ada serta kebutuhan dari konsumen.Gambar Mobil Diesel

Untuk artikel kali ini saya akan memberikan cara sederhana bagaimana merawat mobil diesel. Jika bro mengikuti tiap langkah yang saya berikan, tentunya mobil diesel kesayangan akan tetap awet dan juga tetap memberikan kenyamanan yang maksimal saat di pakai berjalan-jalan. Cara yang saya informasikan pada artikel kali ini tentu saja cara yang mudah dan gampang bro ikuti.

Tentu bro semua yang saat ini membaca artikel ini, tau apa itu mobil diesel. Ya… mobil diesel adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar jenis solar. Apakah bro menyadari kalau dahulu mesin diesel kebanyakan dipakai untuk mobil yang berukuran besar, namun saat ini mesin jenis ini juga telah digunakan pada mobil keluarga. Nah tentu saja dengan kemajuan saat ini, suara yang dihasilkan mesin diesel sudah semakin halus dan asap yang keluar tidak terlalu berwarna hitam dan kotor.

Tanpa perlu berbasa basi lagi, berikut ini saya berikan cara merawat mobil diesel bagi bro yang tentu saja memiliki kendaraan yang berbahan bakar solar ini.

  1. Sebelum bro menggunakan mobil, panaskanlah terlebih dahulu. Lama dari pemanasan ini adalah kurang lebih 10 menitan, hal ini memiliki fungsi memberikan pelumasan pada seluruh bagian mesin mobil. Hal ini juga bertujuan agar komponen yang ada pada mesin tidak kaget.
  2. Tips yang nomer 2, bro pergunakanlah oli yang sesuai dengan jenis mesin. Untuk hal ini bro bisa menggunakan oli yang memang direkomendasikan oleh pabrik resmi.
  3. Yang ke 3 harus bro perhatiakn agar mesin diesel tetap awet adalah pergunakanlah bahan bakar solar yang memiliki kualitas tinggi, kalau dipertamina adalah solardek.
  4. Langkah selanjutnya bro gantilah filter solar secara rutin. Dengan mengganti filter solar ini, tentu saja akan meminimalisir kotoran yang masuk ke mesin diesel mobil bro.
  5. Tips selanjutnya, jaga jangan sampai tangki bahan bakar berada di posisi minim, atau bahkan kosong!. Mengapa jangan sampai kosong? Hal ini untuk menghindari filter solar bro rusak, karena adanya proses pengembunan.
  6. Saat akan mematikan mesin mobil, jangan langsung dimatikan. Bro berikanlah jeda, berikanlah jeda 5 menit mesin hidup, setelah itu baru dimatikan. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur mesin karena “mesin stress” tidak akan terjadi. Mengapa harus menunggu 5 menit? Hal ini berfungsi untuk memberikan waktu yang cukup untuk mendinginkan komponen mesin yang saat perjalanan memuai.
  7. Tips yang terahir adalah selalu pergunakan spare part yang asli.

Demikianlah cara sederhana yang bisa saya sampaikan untuk merawat mobil diesel yang bro miliki. Jika bro memerlukan perawatan yang lebih intensif, tentu saja bro bisa membawanya ke bengkel resmi. Untuk mendapatkan performa, selalu cek keadaan mesin dengan mengikuti tips tips di atas yang telah saya sampaikan. Demikian informasi tentang merawat mobil diesel, semoga bermanfaat untuk bro yang memiliki kendaraan menggunakan bahan bakar solar.