Cara Sederhana dan Gampang Menghilangkan Goresan di Helm

Di artikel kali ini kami akan memberikan tips sederhana bagaimana cara menghilangkan goresan yang terdapat di helm kesayangan bro. Helm wajib di pakai pengendara motor untuk menjaga keamanan. Helm berfungsi untuk meminimalkan dampak yang tidak di inginkan saat terjadi kecelakaan.

Agar tetap terlihat keren dan macho tentu saja helm harus di rawat dengan baik dan dibersihkan agar nampak selalu baru. Fungsi helm yang lain adalah untuk melindungi mata dari debu, tentu saja helm yang terdapat kaca.

helm full face balap

Kita lanjutkan ke cara sederhana untuk menghilangkan goresan pada kaca helm. Banyak faktor yang menyebabkan kaca helm tergores, biasanya kesalahan dalam menaruh helm, kotoran kasar dari lumpur atau debu yang menempel di kaca helm kita.

Oke tanpa banyak cingcong lagi, kita langsung saja ke langkah cara menghilangkan goresan pada kaca helm.

  1. Pertama yang harus bro lakukan adalah melepaskan kaca dari helmnya.
  2. Setelah itu bro siapkanlah amplas yang super halus, jangan lupa siapkan juga sabun cair atau sampho, kain lap katun dan yang terahir adalah cairan polesh atau yang biasa di sebut white compound.
  3. Selanjutnya bro cucilah kaca helm dengan menggunakan air sabun, dan kalau bisa bro bilaslah kaca helm tersebut di air mengalir, atau bisa juga air dari keran.
  4. Langkah selanjutnya bro amplas kaca helm yang masih basah, lakukan hal ini perlahan-lahan, sambil kacanya di guyur air sabun atau seperti yang saya bilang tadi air mengalir. Lakukan langkah yang ke tiga secara berulang-ulang, perlahan-lahan, pada bagian kaca helm yang memiliki banyak goresan.
  5. Langkah yang kelima setelah kaca helm bro amplas, biasanya akan terlihat kusam, kotor, buram, jangan panik, santai saja. Bro keringkanlah kaca helm itu terlebih dahulu, setelah itu gunakan white kompund atau cairan polesh. Oleskan bagian kaca tersebut dengan white compound, pergunakanlah kain katun yang halus untuk memoleskan cairan. Bro ulangi proses mengoleskan cairan white compound pada kaca helm, hingga tidak terlihat lagi goresan.
  6. Yang terahir bro uji, apakah helm yang akan bro praktekkan cara ini tahan amplas atau tidak. Coba bro amplas sedikit ujung pojok kaca helm. Jika sudah bro praktekkan dan ternyata tahan amplas, lanjutkan proses menghilangkan goresan ke bagian tengah kaca helm.

Ternyata gampang bukan? Cara untuk membersihkan helm dari goresan. Kita lanjutkan ke jenis helm beserta kelebihan dan kekurangannya.

Banyak jenis helm  yang beredar di pasaran Indonesia, di antaranya

  • helm Cetok
  • Helm Half-Face / Open face
  • Helm ¾
  • Full-face
  • Helm Flip-up

Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing helm tersebut?

Helm Cetokgambar helm cetok

  1. helm Cetok. Helm jenis ini memiliki tingkat pengamanan yang sangat minim, memang dengan memakai helm ini akan dengan mudah melihat dan mendengar. Helm ini juga mudah di bawa karena bentuknya yang simple. Dari namanya saja bro sudah tau apa kekurangan dari helm ini. Helm ini tidak dilengkapi penutup telinga, dan tentu saja saat mengendara suara  yang di dengar sangat berisik. Proteksi yang diberikan helm ini sunguh sangat minim. Kalau saya bisa bilang, ini adalah topi bukan helm untuk keselamatan.
  2. Helm Half-Face / Open face. Kelebihan dari helm ini lebih banyak melindungi dibandingkan dengan helm cetok, gampang di pakai dan dilepas. Lalu apa kekurangan dari helm ini? Suara bising dari luar masih tetap kedengarannya. Untuk perlindungan kepala masih kurang khususnya bagian muka, hidung, leher, dan mata. Helm ini cocok bagi orang yang memakai kacamata, karena helm ini tidak dilengkapi kaca pelindung.
  3. Helm ¾. Untuk kelebihan dari helm ini bisa melindungi lebih banyak bagian kepala seperti muka, leher, mata dan telinga. Jika dibandingkan dengan helm Half Face, tentu saja helm ini lebih baik. Helm ini sudah dilengkapi dengan kaca. Lalu untuk kekurangan dari helm ini masih belum memberikan perlindungan sempurna pada muka, dagu, dan hidung.
  4. Selanjutnya adalah helm full face, ini adalah helm dengan perlindungan maksimal. Helm ini sudah mampu melindungi kepala kita. Muka, telinga, leher, dagu, mata, semua sudah dilindungi dengan sempurna. Saat hujan helm ini bekerja dengan sempurna. Debu, kerikil, serangga sudah di tepis dengan kaca. Lalu apa kekurangan helm full face ini? Sipengendara yang memakai helm ini sulit untuk mendengar suara sekelilingnya, jadi kekurangan suatu produk bisa jadi merupakan kelebihan pada produk lain. Kalau helm cetok, mendengar suara sekelilingnya adalah kekurangan, kalau di helm full face ini malahan sipengendara sulit untuk mendengar di sekelilingnya. Helm ini juga membuat sipengendara susah untuk makan dan minum. Dan bagi bro yang memakai kaca mata sama seperti saya, tentu saja akan sangat tidak nyaman untuk menggunakan helm ini.
  5. Helm Flip-up. Helm ini bentuknya hampir sama dengan full face, hanya saja bagian depannya bisa di bawa ke atas. Kelebihan dan kekurangannya hampir sama dengan yang full face.

Incoming search terms: