Cara Sederhana dan Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Motor

Seperti yang bro ketahui, ruang pembakaran adalah bagian yang sangat penting bagi kendaraan bermotor, yang menggunakan bahan bakar minyak. Ketidak sempurnaan dalam proses pembakaran di ruang bakar menyebabkan tenaga di kendaraan tidak maksimal.

Banyak kendaraan yang tidak bertenaga walaupun di klaim oleh pabrikan memiliki tenaga  yang besar. Tentu saja hal itu bukan karena kesalahan pabrik, namun karena kesalahan dalam penggunaan motor tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan motor tidak bertenaga, salah satunya adalah kerak pada ruang mesin.

cara sederhana membersihkan mesin

Lalu apa penyebab terjadinya kerak tersebut? Penyebabnya adalah bahan bakar yang buruk, terdapat unsur surfur, parafin dan oktan yang rendah pada bahan bakar tersebut. Lalu bagaimana cara mencegah agar ruang bahan tersebut tidak berkerak? Tentu saja bro juga harus rutin membersihkan ruang bakar, sebaiknya bersihkan ruang bakar saat kendaraan menempuh jarak 10.000 km.

Langkah pencegahan yang dapat dilakukan adalah segera mengganti piston dan ringnya yang telah aus. Kenapa? karena jika komponen itu rusak dan aus, oli akan masuk ke ruang bakar. Cek juga seal, klep, dari kendaraan bro. Oli yang masuk ke ruang bakar akan menimbulkan asap pekat yang keluar dari knalpot, dan tentu saja akan menyisakan kerak di ruang bakar.

Komponen lain yang harus bro bersihkan adalah komponen saringan udara. Tiap tiga bulan bersihkan komponen tersebut. Segera ganti sel-sel saringan yang telah aus. Kenapa kita harus membersihkan saringan tersebut? Karena jika debu masuk ke ruang bakar akan membuat proses pembakaran tidak sempurna. Debu  yang tercampur dalam proses pembakaran dengan bahan bakar, juga akan menimbulkan kerak pada mesin motor kesayangan bro.

Bro juga harus pergunakan bahan bakar yang berkualitas, memang harganya mahal, tapi untuk kendaraan kesayangan tentu saja hal itu tidak menjadi masalah besar. Untuk pencegahan bro juga harus sering-sering mengganti oli. Kenapa? karena jika komponen seal dan klep di mesin bermasalah, oli yang masuk tentu saja oli yang masih bagus, bukan oli yang sudah basi atau sudah rusak.

Selanjutnya bro bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin. Cairan ini suduah banyak di jual di toko-toko dan berupa sistem semprot(sprai). Cara memakainya sangat gampang. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama bro buka dulu saluran dari filter udara ke karburator. Setelah itu semprotkan cairan khusus ini ke saluran intake. Selanjutnya hidupkan motor menggunakan starter tangan atau kaki, tarik tuas gas hingga mesin menderu dengan tinggi atau RPMnya tinggi. Saat dalam keadaan itu semprotkanlah cairan khusus untuk membersihkan kerak ke lubang karburator. Bro usahakan agar motor tidak mati. Ulangilah langkah-langkah tersebut beberapa kali. Setelah itu matikan motor dan diamkan kurang lebih 20 menit, setelah itu hidupkan kembali. Setelah itu tarik gas dalam keadaan sedang atau rpm sedang, bro lihat knalpot, apakah ada asap putih pekat? jika hal itu terjadi tariklah gas berkali-kali.

Banyak jenis cairan untuk membersihkan kerak pada mesin, dan banyak nama yang digunakan. Contohnya engine conditioner, engine degreaser, dan engine flush. Dari cairan yang saya sebutkan di atas, bro harus benar-benar paham fungsi dari cairan tersebut. Tentu saja agar tidak keliru dalam memakainya.

Engine conditioner adalah cairan yang berbahan solvent, bentuk dari cairan ini seperti busa.

Engine degrease, bahannya solvent juga, cairan ini bertugas untuk membersihkan kotoran di luar mesin.

Yang selanjutnya adalah engine flush, cairan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran di karter mesin dan jalur oli.

Cara lain yang bisa bro pergunakan untuk membersihkan kerak pada mesin motor adalah. Pertama bro lepas businya, sebelum melepas busi panaskan mesin motor hingga terasa hangat. Setelah itu baru semprotkan cairan pembersih itu melalui lubang busi. Diamkanlah selama kurang lebih 20 menit, setelah itu hidupkan kembali motor dan tutuplah lubang dari busi tersebut menggunakan kain. Jangan sampai kain tersebut lepas. Setelah itu bro pasang kembali busi dan hidupkan mesin. Putar gas berkali-kali, apakah ada asap putih mengepul dari knalpot? Jika bro melihatnya, berarti kerak telah rontok atau mencair, dan asap  itu adalah tanda bahwa kerak dalam mesin  ikut terbakar.

Incoming search terms: