Cara Sederhana dan Simple Merawat Ban Mobil Kesayangan

Tentu bro tau dengan komponen mobil yang satu ini, ya… ban mobil memiliki peranan yang begitu penting agar mobil bisa berjalan. Coba bro bayangkan menggunakan mobil yang kondisi bannya sudah aus atau rusak, pasti timbul perasaan yang tidak nyaman bukan? Ban mobil memang memiliki waktu atau usia, sehingga kalau sudah melewati masa kadaluarsanya maka sudah harus diganti. Namun tentu saja hal ini tidak harus dikhawatirkan jika bro tau cara merawat ban kendaraan yang baik dan benar sehingga usianya bisa melebihi masa kadaluarsanya.Merawat Ban Mobil

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana merawat ban mobil kesayangan bro agar memiliki usia yang panjang serta tentu saja nyaman saat digunakan. Jika ban yang bro pakai terjaga dengan baik, tentu saja, saat kita melewati berbagai medan akan memiliki perasaan yang begitu nyaman. Tentu bro mengetahui bahaya yang ditimbulkan jika menggunakan ban mobil yang kondisinya buruk, hal itu bisa menyebabkan kecelakaan atau berbagai kejadian yang tentu saja tidak di inginkan.

Komponen yang berada di kaki-kaki ini memiliki fungsi yang begitu penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Ban yang memiliki kondisi tipis dan sudah parah tentu saja akan membuat stabilitas mobil terganggu dan tidak memberikan kenyamanan yang maksimal.

Berikut ini adalah tips yang bisa bro lakukan:

  1. Yang pertama yang harus bro lakukan adalah “mengukur tekanan udara pada ban mobil”.

Tentu bro tau kalau tekanan udara sangat berpengaruh terhadap keawetan ban. Jangan terlalu lembek dan terlalu keras, karena jika terlalu lembek ban akan menjadi cepat rusak, sedangkan kalau terlalu keras ban akan mudah robek. Dan akan membahayakan penumpang saat melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Karena itu sesuaikanlah tekanan ban dengan standard pabrikan.

  1. Lakukanlah spooring dan balancing.

Tips berikutnya yang harus bro lakukan adalah secara rutin melakukan “spooring dan balancing”. Fungsi dari hal ini adalah untuk menjaga kestabilan dari ban mobil bro. jika mobil yang bro miliki sering digunakan, tentu saja hal ini akan merubah posisi ban menjadi tidak stabil. Karena itu disarankan melakukan spooring dan balancing ini saat kendaraan sudah menempuh jarak 5000 KM.

  1. Tips nomer 3 adalah bro “mengemudilah dengan Benar”.

Tentu saja mengemudi dengan baik dan benar bisa membantu menjaga keawetan dari ban mobil kesayangan bro. lalu bagaimanakah perilaku yang benar dalam berkendara? Contohnya adalah tidak menurunkan kecepatan secara tiba-tiba. Contoh yang lain, tidak melakukan pengereman secara mendadak. Hal lain yang bisa bro lakukan untuk memperpanjang usian ban adalah mengurangi segala barang yang tidak diperlukan di dalam mobil , sehingga beban kendaraan bisa berkurang.

Demikianlah tips bagaimana merawat ban kendaraan agar memiliki umur yang lebih awet. Tidak ada salahnya bro mencoba langkah-langkah yang telah saya sebutkan di atas agar ban berumur panjang dan terhindar dari kejadian yang tidak di inginkan karena ban dalam keadaaan tidak optimal. Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat untuk bro semuanya. Jangan lupa membaca juga tips yang saya tulis tentang “ Cara merawat motor baru“.

Incoming search terms: