Cara Sederhana Memperbaiki Aki Kering

Saat ini, di pasaran ada dua jenis aki yang beredar. Yang pertama adalah aki kering, selanjutnya yang kedua adalah aki basah. Lalu apa perbedaan antara aki kering dan basah? Perbedaannya adalah terletak pada perawatannya, aki kering adalah jenis aki yang minim perawatan. Bro tidak perlu menambahkan air dan tidak perlu mengecek air dari aki kering. Karena dalam aki kering tidak menggunakan air. Sedangkan aki basah adalah kebalikan dari aki kering, aki basah perlu perawatan intensif, perlu di cek rutin, dan perlu di cek air yg terdapat dalam aki. Tentu saja kedua aki tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Alat Memperbaiki Aki Kering

Kembali ke pokok pembahasan, yaitu bagaimana cara sederhana memperbaiki aki kering. Yang pertama siapkanlah bahan2 seperti pisau cutter, suntikan, air aki, bukan air zur, dan solder.

Langkah pertama, keluarkan aki dari motor bro.

Langkah selanjutnya, bukalah penutup aki dengan menggunakan pisau cutter yang telah bro persiapkan tadi, setelah terbuka isikan air aki kemasing-masing lubang, yang biasanya ada 6 lubang, isikan dengan air aki, kira2 10 Ml, atau 1 CM dari batas atas. Fungsi dari air aki ini adalah untuk mencairkan sel2 atau jel pada aki kering yang sudah mengeras. Setelah bro isi dengan air aki, selanjutnya pasang kembali tutup aki tersebut, dan agar tidak mudah meluber atau lepas, bro bisa solder.

Langkah selanjutnya, strum aki tersebut sampai terisi penuh. Nah setelah terisi penuh dengan daya, sekarang saatnya coba untuk memasang kembali aki tersebut ke dalam kendaraan bro, dan jangan lupa berdoa semoga aki tersebut bisa berfungsi dengan baik. Saya berharap, langkah-langkah untuk memperbaiki aki yang telah saya tulis di atas berfungsi dengan baik, namun resiko tanggung sendiri jika aki tersebut tetap rusak atau ngedrop. Jalan satu-satunya jika aki tetap rusak setelah mengikuti langkah-langkah yang telah saya tulis adalah dengan membeli yang baru :). Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat dan semoga aki kering bro bisa digunakan kembali, terima kasih sudah membaca.

 

Incoming search terms: