Cara Sederhana Memperbaiki atau Menservice Karburator

motorcycleproductinfo.com – Tentu semua tau apa itu karburator dan apa fungsi dari komponen ini. Karburator berfungsi untuk mengatur suplay bahan bakar yang masuk ke dalam ruang mesin. Tentu saja komponen karburator begitu pentingnya dalam proses ruang pembakaran. Kadang-kadang bro semua pengendara sepeda motor tidak tau atau jarang merasakan gejala kalau karburator perlu di service. Di artikel ini saya menuliskan langkah-langkah bagaimana untuk menservice atau merawat karburator.

merawat karburator motor

Kalau bro memperhatikan saat menservice motor kita di bengkel, pasti karburator motor kita itu dibersihkan. Dalam menservice  ada step dalam membersihkan karburator. Terus apa tahap dalam membersihkan atau menservice karburator.

Pertama yang harus bro lakukan adalah melepas klem penghubung antara ventury dan saringan udara. Jika sudah bro lakukan, lanjutkan untuk melepaskan karburator dari saluran intake. Pergunakanlah kunci ring, kunci pas, ataupun kunci L untuk melepaskan saluran karburator ke intake. Kunci yang di pakai tergantung jenis motor yang bro pakai.

Langkah selanjutnya tentu saja membuka karburator dari baut-baut yang mengikatnya. Saat membuka baut dari karburator, pergunakan obeng yang pas agar kepala baut tidak rusak. Setelah semua baut terlepas dan karburator terbuka, lepaskan spuyer pilot jet dan main jet. Setelah itu bersihkan kedua komponen tersebut menggunakan kompresor. Saat membersihkan dengan kompresor, pastikan spuyer jet tidak ada yang tersumbat.

Untuk membersihkan spuyer tersebut gunakan besi kecil atau kawat kecil. Setelah bro yakin spuyer jet bersih dari sumbatan, maka proses pembersihan karburator telah selesai.

Tahap selanjutnya adalah menyetel karburator. Bro harus menghidupkan motor untuk mendapatkan stelan yang pas, yang sesuai standar motor yang dimiliki. Hidupkan motor, selanjutnya putar scrupt stationer hingga putaran mesin idle. Setelah langkah itu bro lakukan, lanjutkan dengan mengatur putaran angin, caranya adalah tutup atau putar scrupt stationer ke arah yang berlawanan arah jarum jam, setelah itu buka searah dengan jarum jam. Selanjutnya, lakukan stelan ulang pada putaran stationer hingga putaran mesin bro langsam.

Lalu masalah apa  yang ditimbulkan kalau karburator terganggu.

Yang pertama adalah mesin tersendat saat stationer. Penyebab masalah ini adalah campuran bahan bakar yang ada di lubang karburat dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang. Tentu saja karena pembakaran yang kurang sempurna, maka pergerakan piston yang menggerakkan motor juga lemah, sehingga mesin tersendat-sendat.

Masalah yang kedua adalah tarikan menjadi lemah, penyebabnya campuran bahan bakar dan udara tidak sempurna.

Masalah yang ketiga adalah knalpot motor asapnya hitam. Penyebabnya adalah karburator terlalu basah, sehingga bahan bakar  yang masuk ke lubang venturi terlalu banyak, sebaliknya udara yang masuk sedikit.

Masalah yang keempat adalah mesin dan tenaga motor lemah, masalah terjadi karena campuran udara dan bahan bakar di karburator terlalu banyak.

Demikian tips sederhana untuk merawat dan membersihkan karburator serta masalah-masalah yang timbul karena komponen tersebut bekerja kurang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bro yang menghadapi masalah seperti yang saya sebitkan di atas.

Incoming search terms: