Cara Sederhana Mengetahui Keadaan Mesin Mobil dari Warna Olinya

Begitu banyak cara untuk mengetahui keadaan mesin, Diantaranya dari suara, asap yang keluar dari knalpot, dan sebagainya, Ulasan kali ini kami akan memberikan informasi, Cara mengetahui kondisi mesin mobil dari warna olinya.  Cek Oli Mobil

Dari warna oli, keadaan mesin dari mobil kesayangan bro bisa diketahui. Secara umum ada tiga jenis warna oli untuk menunjukkan keadaan mesin.

  • yang pertama berwarna coklat kekuningan
  • selanjutnya warna hitam
  • Dan yang terakhir adalah berwarna putih

Memang sudah disediakan alat khusus untuk mengetahui keadaan mesin dari warna oli. alat tersebut memberikan informasi yang valid. Namun tentunya alat tersebut harganya lumayan, dan jika bro belum berpengalaman dalam menggunakan alat ini, perlu waktu dan kerepotan dalam menggunakannnya. Nama alat tersebut adalah Silinder LeakageTester atau yang di singkat SLT.

Alat Untuk Cek Keadaan Mesin dari Warna Oli
Langsung saja tanpa basa basi lagi, Cara sederhana mengetahui kondisi mesin mobil dari warna olinya.

1. Yang pertama jika oli yang keluar berwarna kekuning kuningan, mobil bro masih bisa dikatakan normal, itu artinya mobil baru setelah menempuh jarak 1000 sampai 2000 km. Catatan: bro harus mengetahui waktu pergantian oli,  karena jika telat dalam mengganti oli, tentu saja bro tahu mesin akan menjadi cepat rusak. untuk  mengetahui tentang pergantian oli, sebaiknya bro cek buku manual yang telah diberikan oleh pembuat kendaraan atau manufaktur.

2. Yang nomor dua, kalau oli sudah berwarna hitam itu berarti mobil bro telah menempuh jarak yang begitu jauh, atau bisa juga bro jarang mengganti oli kendaraan. ini juga merupakan indikasi kerusakan mesin, sebaiknya segera meluncur ke bengkel langganan.

3. Dan yang terahir adalah oli berwarna putih, Jika sudah seperti ini sebagaiknya bro segera membawa ke bengkel. Karena kalau sudah warnanya putih, berarti ada kerusakan cukup parah di mesin mobil kesayangan.

sumber : otosia.com

Tips dalam memilih oli untuk kendaraan.

  1. Penggunaan oli yang tepat juga berpengaruh pada kondisi mesin, jadi bro harus benar-benar memperhatikan spesifikasi mesin dan oli apa yang cocok di pakai untuk mobil bro. Untuk mengetahui spesifikasi mesin bro bisa melihatnya di buku manual. Di buku tersebut sudah lengkap terdapat spesifikasi, teknologi, jenis mesin yang di pakai.
  2. Selanjutnya yang kedua, perhatikanlah kode API, atau di singkat American Petrolium Institute. Untuk mobil keluaran terbaru. API SM lebih cocok digunakan.
  3. Bro harus memilih oli  yang kekentalannya sesuai. Mobil yang menggunakan mesin VVT, VVTi dan sejenisnya, pergunakanlah oli yang memiliki kekentalan 10/40 atau 5/30. Jangan sampai memilih oli yang kurang cocok.
  4. Bagi bro yang memiliki mobil berteknologi terbaru seperti turbo, supercharger, DOHC, pergunakanlah oli sintetik. Lalu pasti ada pertanyaan, kenapa harus menggunakan oli sintetik? Karena pelumas sintetik memberikan pelumasan yang lebih baik dan memberikan perlindungan yang lebih sempurna pada mesin. Oli jenis ini bisa memasuki celah yang sempit pada mesin.

Demikianlah informasi mengetahui kondisi mesin mobil dari warna oli serta cara singkat memilih oli yang tepat untuk kendaraan. Semoga informasi yang kami berikan ini berguna untuki  bro pengguna mobil  yang sedang berkunjung di website pecinta motor ini. Jangan lupa untuk membaca juga tips sederhana bagaimana menghilangkan goresan pada helm. Thank you.