Cara Sederhana Mengganti Roller V-belt Pada Motor Matic

motorcycleproductinfo.com – Motor merupakan kendaraan yang dipakai oleh begitu banyak orang. Begitu banyak kelebihan motor jika dibandingkan dengan transportasi lain. Dengan memakai motor, kita bisa sampai lebih cepat ke tujuan. Dan kita bisa melewati jalan kecil yang mobil tidak bisa lewati. Tentu saja kenyamanan kita saat memakai motor harus kita utamakan. Jangan sampai kita mengalami hal yang tidak di inginkan saat lagi asik berkendara motor.

gambar roller v-belt motor

Tips yang akan kami berikan saat ini adalah bagaimana cara mengganti roller motor matic sendiri. Kita harus rajin-rajin mengecek kondisi roller motor kita. Jika bentuknya sudah tidak bundar, ganti dengan yang baru. Terus apa fungsi dari roller motor matic? Fungsinya adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator, sehingga variator bisa memberikan atau merubah lingkar diameter menjadi lebih besar terhadap belt drive sehingga motor kesayangan bro bisa bergerak.

Roller sangat berpengaruh terhadap variator, komponen roller inilah yang harus bro berikan perhatian lebih. Bentuk bundar sempurna adalah suatu keharusan, seperti yang saya sebutkan di atas, jika bentuknya tidak bundar maka harus segera di ganti, agar kita aman dan nyaman dalam berkendara. Roller itu bagaimana sih bentuknya? Dari apa sih bahannya? Bentuknya bundar, dan bahannya dari teflon. Kenapa memilih teflon? karena sifatnya yang licin, kereas, dan tahan panas.

Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi berbasa basi, kita langsung saja ke cara mengganti roller v-belt pada motor matic.

Langkah pertama, baut pada pengunci rumah puli bro buka. Kunci yang dipergunakan adalah 17 mm, dan pergunakan kunci 12 mm dengan panjang 6,5 cm. Letakkan menghadap crank case bagian atas, hal ini untuk mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar.

Langkah selanjutnya nomer dua yaitu ring pengganjal busi bro tariklah sehingga keluar. Jangan lupa taruh baik2 ring pengganjal bushing ini, karena setelah semua proses selesai bro lakukan, bro harus memasangnya kembali. Posisinya harus di pasang sesudah kipas puli bagian luar.

Langkah nomer tiga bro perhatikan dari kondisi roller tersebut. Cek kondisi roller, jika sudah aus ganti dengan yang baru. Tentu saja bro dapat melihat kondisi roller setelah membuka puli. Semua roller bro ganti.

Langkah nomer empat adalah memasang roller pengganti. Buatlah roller rata, taruhlah roller di got roller mana saja. Roller ada yang ringan dan berat. Jadi jika bro mengkombinasikannya taruhlah yang lebih ringan di depan, setelah itu taruh roller yang lebih berat. Ketika bro menaruh atau meletakkan roller untuk mengganti yang lama, bro harus perhatikan benar-benar posisinya. Jangan lupa taruhlah roller yang berat di sebelah kanan, sedangkan yang ringan di sebelah kiri.

Langkah selanjutnya yang nomer lima bro pasang kembali rumah roller ke posisi semula seperti saat sebelum bro melepasnya.

Selanjutnya yang nomer enam, apakah bro melihat ring pengganjal kipas? Nah bro perhatikan kondisinya. Pengganjal kipas puli bagian luar, perhatikan baik-baik. Gigi yang mengunci rapat pada gigi as rumah roller, bro harus perhatikan keadaannya kencang dan rapat. Bro paskan gigi ring tersebut sehingga gigi, ke dua giginya tidak termakan, atau yang lebih di kenal dengan istilah slek.

Langkah yang nomer tujuh dan terahir adalah bro kencangkan baut yang mengunci rumah roller. Seperti langkah yang pertama bro ganjal rumah roller menggunakan baut 12 mm dengan panjang 6,5 cm. Setelah itu posisikan baut menghadap crank case bagian bawah.

Ukuran roller banyak sekali macamnya, bergantung pada jenis motor yang bro pakai. Jadi saat membeli roller jangan sampai tertukar dengan roller motor lain. Kami sarankan menggunakan roller standar pabrik, agar roller lebih tahan lama atau awet.

Untuk ukuran roller seperti motor yang saya pakai yaitu vario beratnya adalah 15 gram, begitu juga dengan vario techno. Untuk beat beratnya 9 gram, begitu juga dengan merek lain, berat dari roller adalah berbeda-beda.

Demikian tips mengganti roller v-belt motor matic dengan cara sederhana. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk bro pengendara motor sekalian. Selamat praktek.

Incoming search terms: