gambar kampas dan cakram motor

Cara Sederhana Merawat Kampas Rem

Memakai sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari merupakan pilihan bagi banyak orang, karena dengan menggunakan motor, kita bisa sampai dengan lebih cepat ke tempat tujuan. Harga sepeda motor juga lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia kebanyakan dibandingkan dengan membeli sebuah mobil.

gambar kampas dan cakram motor

Nah, jangan sampai bro menjadi pengendara motor yang hanya bisa memakai, namun tidak bisa dalam merawat. Kali ini, saya akan menulis tentang bagaimana cara sederhana untuk merawat kampas rem motor bro agar lebih awet, jadi simak tips berikut ini :

Pertama, jangan lupa untuk selalu memeriksa posisi dan kondisi dari trombol, terutama dudukan cakram, penampangnya. Walaupun trombol yang bro pakai adalah baru, tetap cek posisi dan kondisinya. Bro perhatikan dan bersihkan trombol setelah itu pastikan penampang dari cakram itu bersih dan dudukannya rata. Tentu saja bro tau fungsi dari apa yang saya sebutkan di atas,  yaitu agar piringan cakram berputar secara simetris, sehingga kampas rem, bebannya menjadi lebih ringan.

Langkah selanjtnya, bro bersihkanlah kaliper dan pin pleksibelnya. Bro taukan, apa itu kaliper dan pin pleksibel? trus apa tujuan kita membersihkan kedua komponen tersebut, yaitu agar tekanan yang diberikan oleh kampas rem sama rata. Dan jangan lupa bro harus perhatikan jarak antara piringan cakram dan kampas rem, sempurnakan, aturlah dengan tepat, jangan terburu-buru. Cara mengaturnya dan cara memastikan bahwa cakram tidak menyentuh cakram rem, bro putar roda sepeda motor dan bro perhatikan dan rasakan apakah cakram sudah tidak menyentuh kampas rem.

Langkah selanjutnya, lumasi selalu bearing motor bro, dan pelumasan ini harus dilakukan secara teratur agar tidak terjadi speling pada bearing.

Langkah selanjutnya, pergunakanlah rem dengan bijaksana, jangan terlalu sering mempergunakan rem, pergunakanlah di saat rem itu benar-benar diperlukan. Jadi saat bro berkendara, aturlah jarak dengan pengendara yang di depan, jadi bro bisa memaksimalkan pemakaian dari kampas rem tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, saya yakin umur kampas rem yang ada pada motor bro akan panjang dan awet. Ingat selalu, rawat baik-baik rem pada motor bro, karena itu sangat penting untuk menjaga keselamatan kita saat berkendara. Demikian tips sederhana bagaimana cara merawat kampas rem, jangan lupa baca juga artikel saya tentang cara sederhana memperbaiki aki rusak. Terima kasih telah berkunjung.