gambar knalpot berkarat

Cara Sederhana Merawat Knalpot Motor

Knalpot merupakan salah satu komponen yang terdapat pada motor. Fungsi knalpot adalah sebagai penyalur gas buangan. Selain hal itu, knalpot juga mempunya fungsi yang lain yaitu untuk mempercantik tampilan motor. Seperti halnya komponen aki, karburator dan lainnya, knalpot juga memerlukan perawatan khusus, agar bisa bertahan lebih lama atau awet. Musuh utama knalpot adalah karatan, terutama di bagian leher. Dan selain karat musuh utamanya adalah bocor.

gambar knalpot berkarat

Sebenarnya, merawat knalpot tidaklah begitu sulit, cara simplenya cukup bro tuangkan oli kedalam knalpot dua bulan sekali. Untuk menghilangkan karat pada leher knalpot yang biasanya berwarna kuning, bro bisa menggosoknya menggunakan sikat. Atau bisa juga dengan mengoleskan oli bekas dan memanaskan motor seperti biasanya.

Pernahkah bro memiliki pertanyaan, apasih penyebab knalpot begitu mudahnya terkena karat? Penyebabnya adalah adanya perbedaan suhu antara di dalam pipa knalpot dan di luar. Jika knalpot bocor dan berkarat, suara yang dihasilkan berisik dan tidak enak untuk di dengar. Dari langkah yang saya sebutkan tadi, ada juga tips lain yang bisa bro gunakan untuk merawat knalpot motor kesayangan.

Pertama bersihkan karat knalpot, bro bisa menggunakan sikat atau dengan mengoleskan oli. Selanjutnya periksa secara rutin baut  yang memegang knalpot. Kenapa? Agar knalpot tidak patah saat menerima getaran yang disebabkan gerakan mesin.

Langkah selanjutnya tuangkan oli bekas ke dalam knalpot, dan ini sudah saya sebutkan di atas. Jangan lupa periksa lubang pembuangan air pada knalpot. Biasanya para pengendara motor tidak sadar akan keberadaan lubang ini. Lubang ini berfungsi untuk mengeluarkan air yang ada di dalam knalpot sehingga terjadinya karat bisa di kurangi. Jika lubang pembuangan air ini tersumbat, bro tusuk menggunakan kawat kecil atau lidi, sehingga sumbatannya hilang.

Langkah selanjutnya yang bisa bro lakukan adalah menggunakan portex. Bila menggunakan portex untuk membersihkan knalpot, hati-hatilah agar cairan portex ini tidak menetes ke blok mesin. Karena bro pasti tau cat dari blok mesin akan menjadi luntur. Pertama tuangkanlah cairan ini ke dalam wadah, sedelah itu pada bagian kotor dan berkarat pada knalpot, oleskanlah cairan tersebut. Setelah bro oleskan dengan merata, siramkanlah dengan air hingga bersih, lalu lap menggunakan kain.

Berikutnya cara  yang bisa bro lakukan adalah menggunakan bahan bakar pertamax plus. Untuk menggunakan pertamax plus, campurlah dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 atau bisa juga menggunakan insting. Selanjutnya oleskan campuran tersebut ke noda knalpot atau ke bercak-bercak yang terdapat pada knalpot. Setelah itu sikatlah bagian tersebut, dan bro akan terkejut, betapa mengkilap knalpot terlihat.

Semoga artikel yang kami tulis berguna untuk bro, dalam merawat knalpot motor kesayangan. Sebelum ketinggalan, saya akan memberikan informasi tentang jenis knalpot. Ada dua jenis knalpot yang beredar, yaitu knalpot original dan racing.

Jika menggunakan knalpot original jangan terlalu lama dalam memanaskan mesin motor. Selanjutnya untuk knalpot racing, knalpot ini cepat mengguning dan berkarat jika dibandingkan dengan yang original. jika memasang knalpot racing, oleskan oli ke bagian leher knalpot, untuk memperpanjang usia knalpot jenis ini.

Incoming search terms: