Rantai dan gear belakang motor

Cara Sederhana Merawat Rantai Motor Kesayangan

motorcycleproductinfo.com РMotor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat di negeri kita. Tentu saja agar motor menjadi prima kita perlu merawat tiap komponen yang terdapat pada motor tersebut. Salah satunya adalah rantai, apakah bro tau apa fungsi rantai? Fungsi dari rantai adalah memindahkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang. Jadi karena perannya  yang begitu penting tentu kita harus memberikan perhatian yang khusus terhadap rantai.

Rantnai dan gear belakang motor

Pernahkah bro mengalami rantai putus saat sedang asik mengendarai motor, Atau bro memiliki motor dengan rantai yang begitu kotor dan berkarat Hati-hati bro, jangan sampai mengalami mendorong motor karena rantai putus terjadi. Penyebab rantai putus seperti yang saya sebutkan tadi. Kotoran, debu, dan karena iklim Indonesia yang tropis, tentu saja berpengaruh pada keawetan rantai. Air hujan, air genangan, dan air laut, juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rantai menjadi berkarat.

Berikut ini adalah tips sederhana bagaimana merawat rantai motor agar tetap awet.

1. Yang pertama, rajin-rajinlah membersihkan rantai. Tentu bro tidak ingin kenyamanan saat berkendara terganggu karena rantai kotor dan berkarat, jadi bersihkanlah secara rutin.

2. Yang kedua, Kerenggangan rantai sering-seringlah di cek. Pengendara motor sering menyepelekan hal ini, bro usahakan setelan dari rantai motor tetap normal dan sesuai standar. Tidak terlalu kendor dan tidak terlalu kencang. Jika terlalu kendor, menyebabkan rantai mudah keluar dari lintasan gear, sdangkan jika terlalu kencang, rantaipun jadi cepat rusak karena aus.

3. Selanjutnya yang ketiga, pergunakan pelumas yang tepat untuk motor. Tentu bro tau apa fungsi dari pelumas itu. Tentu saja agar rantai menjadi awet. Rantai juga akan lebih mudah dalam bergerak karena pelumas. Pilihklah pelumas yang tepat untuk rantai, pilih yang memang dikhususkan untuk rantai. Memang akan sedikit membebankan kantong. Namun untuk keamanan berkendara, tentu hal itu tidak menjadi masalah. Jangan pergunakan pelumas bekas, atau oli bekas. Karena debu dan kotoran akan mudah menempel pada rantai.

4. Selanjutnya yang nomer empat. Cek kondisi gear secara rutin. Rantai bergesekan langsung dengan gear, dan tentu saja kondisi gear mempengaruhi rantai. Jika gear sudah terlihat mulai aus, sebaiknya segera bro ganti. Gear imitasi cepat rusak, jadi pergunakan yang original. Mahal? Iya, tapi lebih awet, jadi kalau hitungannya jangka panjang, bro menjadi lebih hemat.

Kita lanjutkan ke cara merawat yang lebih detail, step-stepnya.

Bro persiapkanlah bahan-bahan seperti bensin, chain cleaner, atau engine conditioner. Sediakan juga sabut colek, sikat gigi, kuas, dan tentu saja persiapkan wadah.

Stepnya adalah :

– Tuangkan cairan bensin, minyak tanah atau chain cleaner seperti yang saya sebutkan tadi.

– Setelah itu sikat rantainya dengan sikat gigi.

– Jika bro memilih untuk menggunakan chain cleaner, semprotkan langsung ke rantai sambil dibersihkan.

– Untuk bagian gear depan karena jangkaunnya yang sulit dan banyak celah sulit menggunakan sikat gigi, maka pergunakanlah kuas.

– Terus apa fungsi dari sabun colek? Saat membersihkan rantai, tentu saja ada kotoran, oli dan sejenisnya yang jatuh mengenai trombol, velg, dan jari-jari. Jadi pergunakan sabun colek ke permukan komponen tersebut. Bro bisa pergunakan kuas.

– Gimana, sudah bersih? Tahap selanjutnya adalah sabun tadi,oleskan pada rantai, ratakan, stelah itu sikat kembali menggunakan sikat gigi. Cuci dulu sikat gigi yang tadi, atau bersihkan. Setelah proses di atas bro lakukan diamkan motor selama 15 menit.

– Setelah bro diamkan, ambil cairan chainlube, semprotkan pada rantai. Pergunakan chainlube secukupnya, jangan berlebihan.

Demikian tips sederhana membersihkan, merawat rantai. Semoga tips ini berguna untuk bro sekalian. Jangan lupa selalu utamakan keselamatan dalam berkendara.

Sebelum bro melangkah untuk melakukan praktek, jangan lupa untuk membaca juga tips bagaimana agar ban motor tetap awet. Seperti rantai, ban motor juga penting. Secara keseluruhan semua komponen motor adalah penting, tapi tentu saja ada prioritas komponen mana yang harus kita utamakan.

 

Incoming search terms: