Cara Sederhana Merawat ShockBreaker Pada Motor

Tentu bro tau dengan komponen yang satu ini, Shockbreaker merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam motor bro. Seperti  yang sering saya katakan semua komponen pada motor adalah penting, dan perlu di perhatikan.

Meredam kejut saat kita melewati jalan berlubang dan tidak rata merupakan fungsi dari shockbreaker. Bisakah bro bayangkan jika kita melewati jalan  yang hancur dan komponen ini rusak atau motor kita tidak memakai shockbreaker? Tentu saja pantat kita akan sakit dan kenyamanan kita akan sangat…. sangat… terganggu.

merawat shockbreaker motor

ShockBreaker sering kali terabaikan oleh pengendara motor, dan saya juga sering mengabaikannya dulu. Melihat begitu pentingnya atau mengetahui begitu vitalnya fungsi dari shockbreaker ini, tentu bro harus merawat komponen motor yang satu ini.

Di artikel kali ini kami akan memberikan bro tips yang sederhana cara merawat komponen shockbreaker. Tanpa panjang lebar langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

Langkah pertama yang harus bro lakukan adalah membersihkan stanchionnya, Atau tabung silinder yang berada di shock depan. Pergunakanlah air bersih, setelah bro yakin stanchionnya bersih, bro laplah menggunakan kain bersih. Bisa juga menggunakan kanebo, bro tentu tau kanebo memiliki sifat halus dan dapat menyerap air dengan cepat.

Langkah berikutnya, yaitu yang kedua bro pergunakanlah finish line tipe wet, lalu di mana minyak ini digunakan? Pergunakanlah di sekeliling kareng stanchion. Bro oleskan dengan hati-hati, jangan sampai merembes, sayang terbuang sia-sia.

Langkah selanjutnya atau yang ke tiga adalah agar minyak finish line tipe wet yang kita oleskan tadi itu teroles sempurna di stanchion atau mengikuti tinggi shockbreaker. Bro berilah penekanan pada shockbreaker. Tekan rem depan, setelah itu bro naik turunkan setang motor kesayangan.

Langkah yang berikutnya atau step yang ke empat. Minyak finish line tipe wet yang bro telah oleskan tadi dengan hati-hati, namun masih tetap saja ada yang tercecer di sekitar shockbreaker. Bro bersihkanlah. Caranya simple aja, bro bisa menggunakan bensin untuk membersihkannya dan pergunakan kuas. Atau bisa juga pergunakan air biasa.

Jangan lupa rutin untuk membersihkan komponen shockbreaker ini seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Demikianlah tips sederhana untuk merawat shockbreaker. Jika bro merasa komponen ini sudah saatnya harus di ganti, bro pilihlah spare part yang asli. Mahal memang, namun untuk jangka panjangnya, bro akan sangat bersyukur telah menggunakan komponen original.

Step yang keluapaan saya sebutkan adalah, jika bro memasang kunci depan atau kunci pengaman yang biasanya terdapat di roda. Jangan terlalu keras dalam mengencangkannya, sehingga pengaruh ke tabung shockbreaker tidak begitu besar.

Untuk shock bagian belakang, bro pergunakan yang original sesuai standar pabrik, jika ingin merasakan kenyamanan yang sebenarnya. Kalau untuk bergaya – gaya menggunakan anting-anting pada shock, atau ingin menambahkan tinggi dari komponen ini agar berkendara bisa sedikit nungging, bro pertimbangkanlah. Karena itu akan mengganggu fungsi dari shockbreaker itu sendiri.

Demikian tips sederhana yang bisa kami berikan. Semoga bro pengendara yang mengunjungi website ini, mendapatkan manfaat setelah membaca artikel tentang perawatan shockbreaker. Terima kasih.

Incoming search terms: