Cara Sederhana Oli Motor Sendiri

motorcycleproductinfo.com – Seperti yang bro ketahui, peran oli sangatlah penting bagi motor kita. Oli  berfungsi untuk melumaskan mesin sehingga gesekan yang terjadi saat mesin di hidupkan menjadi minimal. Mengganti oli merupakan kegiatan yang harus bro lakukan secara rutin. Sebaiknya bro catat kapan mengganti oli, sehingga kedepannya setelah beberapa kilometer atau setelah beberapa bulan bro bisa menggantinya dan tidak terlewat.

Jika kita terlambat dalam mengganti oli, sangat mungkin terjadi kerusakan pada mesin dan performa motor kita pasti menurun. Untuk hal itulah, karena pentingnya oli, agar mesin tetap berjalan optimal, sebaiknya ganti oli secara rutin.

Cara benar mengganti oli

Berikut ini ada tips sederhana bagaimana mengganti oli sendiri.

Sebelum mengganti oli lama dengan yang baru, tentu saja oli yang terdapat pada motor harus di kuras habis dulu. Bro harus tetap memperhatikan benar-benar tentang pernggantian oli. Sebaiknya jangan menggukanak kompresor dalam membersihkan, karena dalam kompresor itu terkandung air, sehingga tidak baik untuk mesin.

Gantilah oli saat mesin dingin, jangan melakukan pergantian saat mesin panas. Namun tiap bengkel memang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Ada yang bilang harus mengganti oli saat mesin panas, sedangkan dalam tips ini memberikan saran untuk mengganti oli dalam keadaan dingin. Kenapa? karena menurut pengalaman jika mengganti oli dalam keadaan panas, bisa menyebabkan mesin rusak, tentu saja dalam jangka  yang panjang. Jadi pastikan mesin dalam keadaan dingin saat bro mengganti oli.

Selanjutnya isi oli dengan takaran  yang pas, sudah ada buku panduan yang diberikan produsen motor, saat bro membeli produk mereka. Biasanya disalurkan melalui dealer besar atau resmi.

Untuk motor bebek, biasanya diperlukan oli hanya 0,8 liter. Sedangkan untuk motor sport, oli yang diperlukan adalah sekitar 1,0 liter.  Jangan mengisi oli melebihi oli dari batas  yang dianjurkan. Isilah oli antara low dan full.

Saat menuangkan oli baru sebaiknya di kocok dulu. Terus apa fungsi dari oli itu di kocok? Agar lapisan tipis pelindung mesin pasa saat bergesekan yang mengendap di bawah, sehingga dengan mengocoknya lapisan itu akan tercampur kembali.

Dan yang paling penting seperti yang saya sebutkan di atas, catatlah sudah berapa KM motor anda saat mengganti oli, dan kedepannya gantilah oli setiap 7500 – 8000 Km, tergantung juga dengan cara bro mengendara motor.

Pergunakanlah oli motor  yang sesuai dengan kendaraan bro. Menurut pengalaman, jangan pergunakan oli yang terlalu kental untuk motor bro, kenapa? karena oli yang terlalu kental mengakibatkan putaran mesin terhambat. Dan ini menyebabkan motor tarikannya menjadi lemah, dan bensin menjadi boros. Karena itu kami anjurkan, pergunakan oli yang standar, sesuai dengan mesin motor bro. Oli yang standar, viskositasnya 20w-50w. Semakin encer semakin baik.

Demikian tips mengganti oli yang baik dan benar, semoga tips ini bermanfaat untuk bro pengguna motor sekalian. Sekali lagi saya ingatkan, ganti rutin oli motor kesayangan.

Incoming search terms:

One thought on “Cara Sederhana Oli Motor Sendiri”

Comments are closed.