vario techno 125

Membuat Performa Honda Vario Techno 125 Semakin Handal

Tentu bro semua tau produk vario techno 125 dari merek terkenal Honda. Motor ini memiliki desain yang keren, namun untuk artikel ini kita tidak membicarakan tampilan, Kita ulas tentang cara membuat tarikan motor ini lebih enteng. Lalu langkah apa saja  yang diperlukan agar vario techno 125 ini tarikannya semakin nendang. Caranya sangat simple, hanya diperlukan pernggantian untuk komponen CVT.  Tidak perlu ke tukang bubut untuk mengoptimalkan tarikan motor ini.

Lalu apa itu CVT? secara sederhana CVT itu adalah pengganti dari rantai pada sepeda motor dengan menggunakan karet. Atau CVT adalah alat penggerak pada motor matic atau automatic, CVT adalah komponen pada motor yang meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang.

Kita lanjutkan ke subtitusi komponen CVT, setelah kita lakukan subtitusi tarikan motor akan lebih enteng. Lalu untuk langkah lebih detailnya yaitu ganti satu set penuh dari roller vario dan kita ganti dengan roller dari merek lain yaitu Skywave, produk dari Suzuki. Roller dari sywave memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan roller standar vario 125 yaitu 15 gr, sedangkan standar techno beratnya 18 gr. Jangan lupa untuk memilih roller skywave  yang original. Kenapa? karena beratnya lebih ringan jika dibandingkan KW, dan umur dari komponen ini juga semakin panjang.

vario techno 125

Dengan komponen roller yang lebih ringan, tarikan dari vario tekno bagian bawah menjadi semakin enteng. Selanjutnya setelah akselerasi bagus, step lainnya adalah kita membuat agar putaran atas menjadi lebih bertenaga. Nah, disinilah per CVT kita ganti. Tentu saja kita gunakan per yang asli, jangan yang Kw. Subtitusi komponen ini dari per CVT Honda PCX. Per PCX ukurannya lebih panjang jika dibandingkan bawaan dari Vario. Untuk harga bro hanya perlu merogoh kocek sebesar kurang lebih Rp. 36.000 di dealer resmi Honda. Per CVT PCX lebih kaku jika dibandingkan dengan standar vario. Cara memasang per ini gampang, karena per PCX langsung bisa dipasang, tanpa perubahan apapun.

Karena pengaruh CVT PCX yang lebih panjang, otomatis putaran tekno 125 menjadi lebih maksimal.

Itulah tips-tips  untuk meningkatkan performa Vario Techno. Beredar banyak berita kelemahan dari motor Honda ini yaitu sering terdapat suara berisik dari mesin sebelah kanan. Terdengar seperti hembusan angin. Hal ini disebabkan oleh kipas pendingin sebelah kanan lebih panjang, tentu saja tujuannya adalah pendingan menjadi optimal. Suara ini memang mengganggu, tapi bro tidak perlu kwatir, karena tidak ada komponen yang rusak jika terdengar suara ini. Jika bro masih merasa kurang nyaman, ganti saja kipasnya dengan milik Honda PCX.

Kelemahan  yang lain dari motor ini yang sering dibincangkan di komunitas adalah tentang pengereman belakang. Setelah di tekan rem tidak langsung kembali ke posisi semual, namun secara perlahan. Solusinya yaitu melakukan pergantian.

Lalu apakah masih ada keluhan tentang motor ini? masih ada lagi satu yang sering beredar di komunitas motor. Yaitu rusaknya starter elektrik, atau suka tiba2 macet. Ternyata penyebabnya adalah sepulnya. Sepul motor ini lemah dan tidak cukup kuat  untuk menyalakan mesin. Solusinya lagi – lagi mengganti komponen ini dengan yang lain.

Demikianlah tips dan informasi tentang Vario Tekno 125. Semoga artikel yang kami tulis ini bermanfaat untuk bro semua.

Incoming search terms: