Merubah Karburator Standar Menjadi Layaknya Karbu Racing

motorcycleproductinfo.com – Apakah bro kurang puas dengan performa karburatornya saat ini dan ingin karbunya memiliki performa layaknya pada motor racing? Apakah bro pernah berpikir untuk menggantinya dengan karbu racing? Hm…. pertimbangkan lagi. Periksa dulu jika memang ada duit dan kebutuhan untuk memakai karburator racing sangat besar, segera ke toko suku cadang terdekat.

gambar karburator

Nah bagi bro yang pengen  irit berikut adalah tipsnya.

Langkah pertama yang harus bro lakukan adalah perhatikan bagian karbu depan, sebelum melangkah jauh, saya menginformasikan tips ini sangat bagus diterapkan pada karburator model traditional. Perhatikanlah corong pada karbu, biasanya corong ini bentuknya tidak murni kerucut, bro perhatikan apakah ada tonjolan-tonjolan pada kerucut tersebut, nah tonjolan inilah yang menyebabkan turbulensi aliran. Pada saat udara mengalir dengan kecepatan 120 m / detik tonjolan ini menyebabkan turbulensi seperti yang saya bilang sehingga pengukuran di venturi menjadi kacau balau.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan benjolan-benjolan ini? Bro bisa menghilangkannya dengan cara memakai lem besi, namun harap bro perhatikan, hati-hati dalam pengerjaan ini. Sebelum mengelem dengan lem besi, bro tutup dulu air jetnya atau lubang udara, pergunakanlah lidi. Setelah itu bro ratakanlah lem, sudah? Jika sudah lemnya mengering, bro cabut lidinya. Setelah lidi bro cabut, buatlah corong mengerucut sampai venturi. Untuk hal ini bisa memakai jasa bubut, agar pengerjaannya lebih rapi.

Lalu apa fungsi dari membentuk corong tersebut? Hal ini mampu menaikkan debit  udara yang diperlukan pada ruang pembakaran tanpa memperbesar lubang venturi. Langkah berikutnya yang harus bro lakukan adalah pengukur bensin bro lem. Ada 2 bagian utama yang harus bro perhatikan dalam mengelem pengukur bensin. Komponen itu yaitu nossel dan pilot jet. Lemlah komponen tadi menggunakan lem serbaguna seperti lem alteco. Langkah yang harus bro lakukan untuk mengelem yang tadi saya sebutkan yaitu nossel dan pilot jet, bro preteli karbu, lepaskan komponen nossel dan sambungannya. Lakukan  juga untuk pilot jet. Setelah dua komponen tadi bro lepaskan dari sambungannya, setelah itu oleskan lem serba guna pada ujung sambungan, saat lem masih dalam keadaan basah bro pasangkan kembali ke tempatnya. Setelah kering komponen yang tadi kita lem akan menjadi rapat dengan badan karbu dan lubang-lubangnya. Dan hal itu menyebabkan bensin mengalir sesuai dengan kevakuman yang dihasilkan oleh komponen venturi dan mesin.

Langkah -langkah di atas secara tidak langsung mengurangi kebocoran udara dan bensin yang mengganggu pengukuran. Hasil akhir  yang kita peroleh dari langkah-langkah di atas adalah pengabutan menjadi jauh lebih presisi dan motor menjadi irit serta tenaganya menjadi lebih powerful. Jika bro masih ragu melakukan praktek, sebaiknya bro pahami dengan membaca ulang. Jika masih belum yakin, mintalah orang yang lebih berpengalaman alias montir. hehehe.

Demikianlah cara merubah karburator menjadi karburator layaknya motor racing, semoga tips ini berguna untuk bro semua.

Incoming search terms: