Honda-Mobilio-Vs-Suzuki-Ertiga

Perbandingan Suzuki Ertiga VS Honda Mobilio Serta Kelebihan dan Kekurangan Dari Masing-masing Mobil

Apakah bro saat ini sedang bingung memilih antara Suzuki Ertiga atau Honda Mobilio? Dari segi harga mobil keluaran Honda lebih murah jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Di artikel kali ini, kita akan membedah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing mobil ini. Kita akan membandingkan dari,

  • Kenyamanan
  • Mesin
  • Desain
  • Exterior dan Interior
  • Serta perbandingan harga kedua mobil ini

Membandingkan kedua mobil ini memang susah-susah gampang. Masing-masing mobil  yang merupakan Low MPV ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Saat ini Honda Mobilio ataupun Suzuki Ertiga merupakan mobil berkelas Low MPV, yang memiliki rating paling tinggi. Harga terendah dan tertinggi dari kedua mobil ini adalah 150 juta sampai 200 juta di Indonesia.

Tentu saja karena kedua mobil ini memiliki spesifikasi dan design yang sama-sama bagus, membuat para konsumen untuk memilih di antara ke dua mobil ini. Kedua mobil ini sama-sama dilengkapi fitur yang canggih, serta kenyamanan yang tinggi. Untuk mengatakan  yang lebih baik di antara ke dua mobil ini, di  artikel ini kami akan memberikan perbandingan atau komparasi untuk kedua mobil ini. Jadi bro yang sedang kebingungan bisa terbantu untuk mentukan pilihan yang tepat.

  1. Pertama kita bandingkan dari segi Kenyamanan. Dari segi kenyamanan, kedua mobil ini memiliki keunggulan yang hampir sama, namun jika kita melihatnya lebih detail, Ertiga lebih baik dari Mobilio. Jika dilihat dari gambar di bawah, Dashboar, interior dari mobil keluaran Suzuki lebih keliatan rapi dan elegan. Kursi penumpang pada mobil Suzuki juga lebih tebal. Karena ketebalan kursi, membuat penumpang merasa lebih nyaman. Namun jika kita lihat dari bagasi, Mobilio memiliki bagasi lebih luas.ac-ertiga-vs-mobilioDashboar dari mobil Ertiga dan MobilioTempat duduk untuk mobil Ertiga dan Mobilio
  2. Selanjutnya kita akan membandingkan dari Mesin. Sepertinya Honda Mobilio jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Mobilio disematkan dengan mesin 1500 cc, dengan tipe SOHC i-VTEC Sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 ps. Bandingkan dengan Suzuki Ertiga dengan mesin sebesar 1400 cc, memang bedanya cuma 100 cc. Ertiga dilengkapi dengan mesin bertipe K14B DOHC-VVT, dan mampu menghasilkan tenaga maksima 95 ps. Jika dibandingkan dengan tenaga yang dihasilkan, tentu saja Mobilio lebih unggul dengan 118 ps berbanding95 ps. Lalu untuk konsumsi bahan bakar, keduanya memiliki konsumsi bbm yang hampir sama, perbedaannya hanya beberapa ratus meter untuk perliternya. Mesin Ertiga Vs Mobilio
  3. Kita lanjutkan ke Design Exteriornya. Desain Suzuki Ertiga lebih kalem jika di bandingkan dengan Mobilio yang terlihat modern. Design dari Honda Mobilio juga berkesan lebih mewah dan sporty. Selera orang beda-beda, ada yang lebih suka design kalem, sebaliknya ada yang lebih suka design sangar, mewah seperti Mobilio. Untuk dimensi dari masing-masing mobil ini tentu berbeda-beda. Panjang dari ertiga adalah 4265 mm, dan lebarnya 1695 mm, lalu untuk tingginya adalah 1685 mm. Untuk velg Suzuki Ertiga terdapat lima baut, sehingga lebih kuat jika di bandingkan dengan Mobilio yang hanya di isi 4 baut untuk velgnya. Suzuki ertiga juga dilengkapi kaca segitiga, sehingga lebih mudah melihat spion, sedangkan pada mobilio tidak terdapat. Untuk panjang dari mobil Honda ini adalah 4930 mm, lebar 1680 mm, sedangkan untuk tingginya 1610 mm. Jarak sumbu roda dari kedua mobil ini juga berbeda. Suzuki Ertiga memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang dibanding Mobilio, dan tentu saja sumbu yang lebih panjang ini membuat mengemudi lebih mudah dan stabil. baut pada masing-masing velg mobil kaca spion untuk ke dua mobil
  4. Kita lanjutkan ke perbandingan fitur. Kedua mobil ini sama-sama disematkan dengan fitur yang bagus dan canggih. Jika kita bandingkan tipe  yang termurah dari kedua mobil ini, Honda mobilio lebih unggul karena variant terendah dari mobil keluaran Honda ini telah dilengkapi lebih banyak fitur canggih dibandingkan variant terendah Ertiga. Honda Mobilio telah dilengkapi Dual SRS Airbag sedangkan mobil Ertiga belum. Namun secara keseluruhan kedua mobil ini memiliki fitur yang bagus.
  5. Kita lanjutkan ke perbandingan Harga. Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga yang keduanya bermain di segmen low MPV, ke dua mobil tersebut  harganya hampir sama di kisaran 150 juta sampai 200 juta, tergantung tipe dari masing-masing mobil. Harga Suzuki Ertiga varian terendah adalah 188,6 juta sedangkan untuk variant terendah Mobilio termurah di jual dengan harga 163,5 juta. Dan Variant tertingginya Honda Mobilio juga lebih murah dengan harga 203 juta, sedangkan untuk variant tertinggi Ertiga dihargai dengan 219,5 juta.

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari perbandingan kedua mobil ini adalah jika bro lebih memprioritaskan kenyamanan dan keiritan dalam mengendarai mobil maka Ertiga adalah pilihannya. Sedangkan jika lebih memilih tampilan dan performas mesin yang lebih baik, maka Honda Mobilio patut dipertimbangkan.

Demikian perbandingan antara Suzuki Ertiga Vs Honda Mobilio. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bro yang sedang bingung memilih mobil sehari-hari atau sebagai mobil keluarga. Jangan lupa untuk membaca juga artikel kami tentang Toyota Dominoes.

 

Incoming search terms: