Yamaha R15

Spesifikasi dan Harga Dari Motor Yamaha R15 Dengan Enam Kecepatan

Yamaha kembali meluncurkan motor dengan model sporty yaitu Yamaha R15. Motor yang mengusung mesin 150 cc ini telah dirilis tahun 2014 dan tentu saja disambut dengan sangat antusias oleh pecinta motor di tanah air. Motor ini seperti yang bisa bro lihat adalah motor sport full fairing dengan design  yang sangat gagah, elegant, dan tentu saja cowok banget. Jika bro lihat sekilas, motor ini sangat mirip dengan Vixion yang juga merupakan produk keluaran dari Yamaha. Dan spesifikasi mesin dari motor bertipe sport ini juga mirip dengan Vixion. Namun apakah mungkin Yamaha mengeluarkan produk baru tanpa ada tambahan performa atau penambahan tampilan dari produk tersebut? Tentu saja tidak. Yamaha R15 lebih unggul dari Vixion, dan karena keunggulan dari motor ini, berdampak juga untuk harga yang di patok untuk memiliki kendaraan ini.

Gambar Yamaha YZF-R15

Sepertinya Honda CBR 150 RR dan Kawasaki Ninja RR akan memiliki saingan baru yang lebih greget. Yamaha memberikan perlawanan terhadap kedua motor dari merek berbeda tersebut dengan mengeluarkan Yamaha R15. Kalau dilihat dari tampilan, sepertinya pengendara di tanah air akan mempertimbangkan untuk membeli kendaraan ini, tentu saja mereka akan membandingkan antara Yamaha R15, Honda CBR 150 RR, dan Kawasaki Ninja RR. Marilah kita lanjutkan untuk membedah spesifikasi lebih dalam dari motor Yamaha full fairing ini. Gambar Yamaha R15 merah

Spesifikasi Yamaha R15

Yamaha benar-benar terinspirasi dari produknya sendiri yaitu Yamaha Vixion sehingga muncullah motor R15 ini. Pertama kali saya melihat motor ini, benar-benar terlintas Yamaha Vixion di pikiran saya. Dari sekian banyak kesamaan tentu saja banyak juga perubahan menonjol  yang terdapat pada motor ini,  yang membuatnya terlihat lebih menggoda, elegant dan macho. Sehingga pengendara  yang mengendara motor ini, akan merasakan suatu kebanggaan saat melintas di jalan raya. Coba bro perhatikan bentuk fairing dari motor ini, terlihat sangat sporty, dengan unsur motor balap yang kentarl. Sekali lagi motor ini memiliki tampilan yang sangat gagah, bodinya terlihat garang. Dimensi dari bodi motor ini yaitu R15 adalah 1.955 X 660 X 1.070 (P x L x T/mm) dan dengan jarak dari tanah adalah 160 mm.

Lalu bagaimana dengan berat total dari motor ini? dengan dimensi yang telah saya sebutkan tadi dan berbagai komponen tambahan, bobot totalnya adalah 136 kg. Kalau kita perhatikan dari depan, motor tangguh ini dilengkapi dual lamp  yang berada di head lampnya. Motor ini menggunakan sistem delta box pada rangkanya. Dengan digunakannya lampu dual lamp tentu saja pencahayaan yang diberikan motor ini sangat maksimal. Fitur keren lainnya dari motor Yamaha ini adalah Alumunium Swing Arm, dengan menggunakan design ala superbike yang machi dan stabil.

Untuk pilihan warna yang dikeluarkan di pasar indonesia ada tiga pilihan yang bisa bro pilih yaitu:

  • Midnight Black (hitam dan abu-abu),
  • Supernova Red (Merah-Putih),
  • dan Racing Blue(Biru-Putih)

Ketiga pilihan warna ini memberikan kesan yang semakin sporty terhadap motor ini.

Kita lanjutkan ke bagian Jeroan dari motor ini

Seperti yang bisa bro baca pada judul yaitu Yamaha R15, bro bisa menebak berapa kapasitas mesin yang digunakan pada motor ini, ya… motor ini menggunakan mesin berkapasitas 150 cc. Dengan mesin 150 cc tenaga maksimal yang bisa dihasilkan adalah 16.83 dk/8.500 rpm dan torsi maksimalnya adalah 15 Nm/7.500 rpm. Kita bandingkan dengan produk Yamaha yang menjadi inspirasi dari motor ini yaitu Vixion. Tenaga yang bisa dihasilkan Vixion adalah 16.43 dk/8.500 rpm dan torsinya adalah  14 Nm/7.500 rpm. Jadi bro tau kalau R15 mesinnya lebih memiliki performa dibandingkan Vixion. Seperti kebanyakan motor keluaran terbaru, Yamaha R15 juga sudah menggunakan sistem full injeksi. Bro pasti sudah tau tentang sistem full injeksi yang membuat campuran antara udara dan bahan bakar di ruang bakar sangat pas, sehingga dengan menggunakan bensin seminimal mungkin dan menghasilkan tenaga semaksimal mungkin. Itulah yang menyebabkan motor yang menggunakan sistem full injeksi lebih irit dan lebih ramah lingkungan.

Seperti yang telah saya tulis di judul, motor ini menggunakan transmisi 6 percepatan. Lalu untuk mesinnya adalah 149,8 cc, dibulatkan 150 cc, 4 valve SOHC dan motor ini menggunakan sistem pendingin cairan silinder tunggal.

Spesifikasi Dari Motor Yamaha R15

Spesifikasi dari Motor Yamaha R15(klik gambar untuk memperbesar)

Selanjutnya kita akan membahas kelebih dari Yamaha R15

Sebelumnya telah saya sebutkan tentang inspirasi dari motor ini yaitu Vixion, namun dengan tampilan yang lebih elegan dan menggunakan full fairing, sehingga motor ini terlihat layaknya motor balap. Bodi motor ini juga bisa di bilang irngan hanya 136 kg. Jika dibandingkan dengan CBR, dan Kawasaki Ninja RR, tentu saja selera orang adalah berbeda, namun saya pribadi lebih suka dengan produk Kawasaki Ninja RR. Tapi saya yakin banyak bro yang saat ini membaca artikel ini lebih senang saat memandang bodi dari motor R15.

Kita lanjutkan kelebihan dari motor Yamaha ini yang rencanya akan menjadi pesaing langsung dari CBR 150 RR dan Kawasaki Ninja RR. Motor ini telah dilengkapi LED pada lampunya dan juga motor yang memiliki kapasitan mesin 150 ini adalah motor pertama yang menggunakan teknologi Alumunium Swing Arm. Kelebihan lain dari motor ini adalah sistem full injeksinya yang menjadikan motor ini hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Sebagai informasi tambahan, motor R15 ini telah lebih dulu diluncurkan di neagara India, namun jika melihat dari segi bodi dan spesifikasi motor yang di keluarkan di Indonesia sepertinya lebih baik, dan tentnu saja harganya lebih mahal. Informasi yang saya dapatkan R15 di india, tentu saja dengan nama yang berbeda di bandrol dengan harga berkisar 20 jutaan kalau di konversi ke rupiah. Sedangkan untuk Indonesia harganya berkisar 28 jutaan. Kita lanjutkan dari segi harga untuk motor ini. Harga resmi di Indonesia adalah 28 juta, dan itu adalah harga on the road di Jakarta, tentu saja untuk wilayah lain harganya bisa berselisih tipis. Jangan bro bandingkan harga dari R15 yang telah menggunakan fairing ini dengan Honda CBR 150 R yang harganya 40 juta. Perbedaan 12 juta sangatlah besar, dan benar-benar harus merogoh kocek dalam-dalam.

Dengan harga 28 juta, saya yakin peminat motor sport dan konsumen setia Yamaha akan tertarik mengendarai motor ini. Informasi terahir yang kami dengar, Yamaha R15 telah terdistribusi puluhan ribu unit di Indonesia, benar-benar penjualan yang fantastis.

Demikianlah ulasan kami tentang Yamaha R15, memang motor ini telah lama dikeluarkan. Dan begitu banyak informasi bertebaran tentang harga dan spesifikasi motor keluaran Yamaha ini. Namun kami ingin melengkapi berita tersebut, Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk konsumen yamaha, atau untuk bro sekalian yang berkunjung di motorcycleproductinfo.com, websitenya pecinta motor. Jangan lupa untuk membaca juga ulasan kami tentang Jupiter MX 150 yang dikabarkan akan segera diluncurkan di Indonesia pada tahun 2015, dan juga ulasan kami tentang Vmoto motor listrik yang hemat energi dan menyasar konsumen menengah ke bawah.

Incoming search terms: