Tips Bagaimana Mengendarai Mobil Saat Cuaca Sedang Hujan

Tips Bagaimana Mengendarai Mobil Saat Cuaca Sedang Hujan – Motorcycleproductinfo.com – Di Jakarta, banjir merupakan bencana yang terjadi hampir di setiap musim hujan. Dan pada musim ini, kecelakaan di jalan raya persentasenya semakin besar. Tentu saja bro bisa menyimpulkan sendiri kenapa hal itu bisa terjadi. Salah satunya adalah karena licin, dan bisa juga karena jarak pandang pengendara terhadap jalan di depannya semakin berkurang.Berkendara Saat Hujan

Bagi bro yang memiliki aktivitas yang mengharuskan keluar rumah, tidak peduli bagaimanapun cuacanya, tips ini akan sangat bermanfaat jika bro bepergian saat cuaca sedang hujan. Tips ini akan membantu untuk menghindari atau mencegah kejadian yang tentu saja tidak diharapkan. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Periksalah system pengereman mobil.

Bro harus memastikan kalau rem mobil bekerja secara maksimal dan tidak terjadi gangguan. Saat hujan, rem mobil yang berfungsi dengan baik, akan sangat membantu dalam mengurangi terjadinya accident atau kecelakaan.Mengemudi Saat Cuaca Hujan

  1. Memeriksa ban kendaraan.

Jangan lupa bro memeriksa kekentalan ban mobil, sesuaikan dengan standar yang telah ditentukan. Bro cek juga alur ban kendaraan, apakah sudah habis atau masih layak digunakan. Jika alur ban sudah halus atau habis, sebaiknya bro menunda kendaraan tersebut untuk bepergian, atau bisa juga mengganti ban tersebut.

  1. Periksalah system kelistrikan mobil kesayangan bro

Karena cuaca hujan, tentu saja penerangan atau lampu sangat diperlukan, jadi bro ceklah baik-baik dari lampu depan, zein, serta lampu rem. Pastikan semuanya bekerja dengan normal dan maksimal.

  1. Periksalah kondisi wiper

Tentu bro tau fungsi dari wiper pada saat hujan. Komponen ini memiliki fungsi yang begitu penting. Pastikanlah wiper berfungsi dengan maksimal, jangan lupa bro bersihkan juga kaca depan. Karena saat cuaca hujan, jarak pandang pengendara sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Mengendaralah hati-hati, dan jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan.

Saat hujan kondisi jalan biasanya licin dan hal ini akan mengakibatkan mobil bisa tergelincir dan terjadi accident. Jadi bro usahakan memberikan jarak yang aman antara mobil yang dikendarai dengan kendaraan di depan. Tenanglah dalam mengemudi, dalam keadaan jalan yang berair, tentu saja ban akan bekerja kurang maksimal ( hal ini bergantung dari jenis ban yang digunakan). Untuk menghindari terjadinya slip, sebaiknya kurangi kecepatan mobil yang bro kendarai.Mengemudi saat Cuaca Extrem

  1. Pelan-Pelanlah saat melewati genangan air.

Genangan air menandai kalau jalan tersebut berlubang, pelanlah atau lebih berhati-hati jika melewati genangan air. Kurangi kecepatan mobil agar terhindar dari kecelakaan yang tidak di inginkan.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan, semoga tips ini bermanfaat untuk bro yang memiliki kesibukan yang tidak bisa di tunda walau cuaca sedang buruk dan tidak bersahabat. Jangan lupa baca juga tentang Tips Bagi Pemula, Bagaimana Mengendarai Mobil Matik.

Incoming search terms: