Tips Bagi Pemula, Bagaimana Mengendarai Mobil Matik

Bagi bro yang baru saja membeli mobil matik atau bro yang berkeinginan untuk menggunakan mobil namun sedikit malas untuk mempelajari menggunakan mobil manual, dan lebih condong untuk memakai yang otomatis, saya ada tips simple untuk pemula agar mudah mengendarai mobil matik. Tips ini akan membantu bro, agar berkendara mobil secara aman serta membuat kendaraan irit bbm serta memiliki umur yang lebih panjang.Transmisi Mobil Matik

Agar tidak terlalu panjang lebar pembukaan yang saya berikan, kita langsung saja ke tips mengendarai mobil matik.

  1. Pertama bro startlah mobil yang menggunakan transmisi otomatis tersebut. Yang pertama yang harus bro lakukan adalah geserlah tuas transmisi mobil menuju ke posisis D, itu adalah untuk agar kendaraan bergerak maju. Sedangkan tanda R atau jika bro menggeser tuas ke R, itu untuk bergerak mundur, jadi tetap tenang dan fokus pada tujuan bro.
  2. Langkah selanjutnya adalah, setelah bro menggeser tuas transmisi ke D atau R sesuai tujuan, secara pelan-pelan lepaslah pedal rem dan nonaktivkan rem tangan mobil.
  3. Langkah ke tiga, bro injak pedal gas dengan pelas, pakai perasaan. Jangan tiba-tiba menginjak gas terlalu dalam. Selain mobil bisa tiba-tiba melaju cepat, hal tersebut juga berpengaruh pada konsumsi bbm.
  4. Saat bro berada di kemacetan, biasanya ini terjadi di kota-kota besar yang padat kendaraan. Saat berhenti, geserlah tuas transmisi ke posisi D, hal itu bertujuan agar kopling berumur lebih lama atau tidak cepat habis.
  5. Yang nomer lima, saat bro melintasi jalan yang menanjak atau naik, geserlah tuas transmisi mobil dari posisi D menuju ke posisi L/1. Kenapa harus menggeser ke posisi tersebut? Karena pada posisi tersebut letak gear berada di tempat yang paling ringan. Sehingga tentu saja mobil yang bro kendarai akan dengan mudah melewati jalan menanjak tersebut.
  6. Selanjutnya, saat memarkir mobil matik bro, geserlah tuas transmisi dari posisi D ke posisi P. hal ini bertujuan agar anak kunci bisa dilepaskan.

Demikianlah informasi sederhana tentang tips mengendarai mobil bertransmisi otomatis. Bagi bro yang benar-benar pemula dalam mengendarai mobil, tentu saja kendaraan otomatis ini akan mempermudah proses belajar. Namun ada juga yang berpendapat, lebih baik jika belajar menggunakan mobil bertransmisi manual, karena jika dihadapkan pada mobil bertransmisi otomatis, kita akan lebih mudah beradaptasi.

Menggunakan mobil otomatis memang sangat jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan transmisi manual. Karena kita hanya perlu menggunakan kaki kiri untuk mengerem dan kaki yang kanan untuk menginjak gas. Perlu bro ingat, kebanyakan mobil matik, walaupun keadaannya idle atau kaki tidak menekan gas, biasanya mobil masih akan berjalan secara perlahan, karena gas tetap dalam keadaan cukup besar untuk menjalankan kendaraan secara pelan.

Demikianlah informasi sederhana yang dapat saya sampaikan tentang mengendarai mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bro semuanya. Terima kasih sudah berkunjung.

Incoming search terms: