Tips Berkendara Motor Agar Hemat

Dalam membeli sebuah motor, konsumen memiliki begitu banyak pertimbangan. Salah satu pertimbangan dalam membeli motor baru adalah keiritan dari motor itu. Selain klaim keiritan dari produsen motor, cara bro dalam berkendara juga berpengaruh dengan keiritan motor dalam mengkomsumsi bahan bakar. Berikut adalah cara sederhana agar motor irit saat dikendarai. Pada saat berkendara, bro usahakan dalam akselerasi motor, atau dalam menarik gas jangan tiba-tiba mengendurkan atau menarik secara cepat gas kendaraan kesayangan.

tips hemat dalam berkendara

Jika bro ingin motor irit sesuai dengan klaim dari produsen, bro harus mengusahakan saat berkendara, usahakan kecepatan motor antara 40 – 60 km/jam. Langkah-langkah lain yang bisa bro lakukan dalam menghemat bahan bakar adalah atau dalam menghemat dalam berkendara. Jadi tidak hanya bensin, tentu saja menghemat keperluan dalam membeli komponen motor,  yang seharusnya bisa lebih awet.

1. Langkah pertama, jaga tekanan ban. Usahakan tekanan ban sesuai dengan standar yang diberikan oleh produsen dari motor  yang bro miliki.

2. Yang kedua, kalau bisa bro hindari jalan yang macet.

3. Yang ketiga, dalam memanaskan motor, sebaiknya jangan terlalu lama, cukup 1 menit, sudah lebih dari cukup untuk memanaskan motor saat pertama kali dipakai.

4. Yang keempat stel RPM mesin dalam putaran yang rendah.

5. Yang kelima, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kurangi pengereman secara mendadak. Karena ini membuat mesin bekerja lebih keras. Sehingga bahan bakar yang terpakai lebih banyak.

6. Yang keenam, saat mengerem, kalau bisa kurangilah pengereman yang mendadak, jadi bro perhatikan pengendara yang di depan. Atur jaraknya sehingga bro bisa mengurangi mengerem kendaraan secara mendadak. Tapi hal ini juga disesuaikan dengan cara bro berkendara.

7. Yang ketujuh, pilihlah rute yang jaraknya lebih dekat. Kalau bisa bro ingat-ingatlah jalan tikus yang bisa membuat bro sampai ke tempat tujuan lebih cepat.

8. Yang kedelapan, lakukan perawatan secara rutin. Servise rutin motor, karena hal ini akan mengurangi biaya tidak terduga, seperti komponen yang rusak karena keterlambatan dalam merawat.

Berkendaralah dengan hati-hati, patuhilah peraturan lalu lintas. Keselamatan adalah hal yang  utama. Demikian tips cara berhemat dalam berkendara menggunakan sepeda motor.

Incoming search terms: