komponen motor rantai kabel kopling

Tips Perawatan Motor Setelah Perjalanan Jarak Jauh

Setelah perjalanan jauh, tentu motor yang bro kendarai haruslah sedikit di servis atau di rawat. Banyak komponen motor yang mesti di rawat, di stel ulang atau di cek setelah motor menempuh jarak yang jauh. Dalam tips ini bro tidak perlu menjadi mekanik handal, bro cukup mengerti sedikit tentang komponen motor plus cara merawatnya. Tidak perlu bro memiliki pengalaman panjang dalam memperbaiki motor, membokar mesin dan dalemannya. Bro cukup memiliki keberanian untuk melepaskan beberapa baut.

komponen motor rantai kabel kopling

Berikut ini kami akan memberikan langkah – langkah sederhana bagaimana merawat motor setelah dipakai jarak jauh seperti touring. Di website ini telah kami tulis begitu banyak tips sederhana, salah satunya adalah Bagaimana merawat motor  yang menggunakan sistem full injeksi. Di artikel tersebut kami jelaskan dengan sangat sederhana, langkah-langkah agar motor full injeksi semakin awet. Diantaranya memilih bensin berkualitas tinggi, merawat aki, dan shock breaker.

Oke kita kembali ke topik untuk artikel ini, berikut adalah tipsnya.

Pertama setelah perjalanan jauh tentu kabel kopling sedikit kendor atau bermasalah. Setelah melakukan perjalan, sebaiknya bro selalu menyiapkan kabel kopling cadangan untuk mengganti kabel kopling  yang putus di tengah jalan. Kabel kopling vespa biasanya memiliki panjang yang melebihi motor standar, jadi selalu persiapkan kopling milik motor vespa.

Gejala dari kabel gas dan kopling yang sudah kendor, getas, gampang untuk dikenali. cirinya adalah, gas terasa seret saat diputar. Saat mengganti komponen ini,  yaitu kabel kopling dan gas. Tentu saja bro harus mempersiapkan tang dan benang jahit, untuk mengganti kabel ini. Bongkarlah selongsong gas atau kopling untuk menyusupkan kabel yang baru.

Tips selanjutnya Set rantai . Biasanya rantai menjadi sedikit mengendur. Merawat rantai cukup sederhana, sediakanlah kunci 17,21 atau 22 untuk melakukan penyetelan tensioner rantai. Kunci yang saya sebutkan tadi adalah untuk mengendurkan as roda. Sedangkan untuk melakukan penyetelan tensioner rantai bro bisa pergunakan kunci ukuran 10, 12, atau 14. Lebih bagus kalau bro menggunakan kunci yang bertipe ring dan pas.

Kunci di atas bergantung juga dengan merek motor  yang bro pakai, jadi pelajarilah motor kesangan bro. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Langkah pertama untuk merawat rantai, bro kendurkan mur as roda. Setelah itu setellah tensioner. Setelah proses menyetel tensioner serta menyetel rantai lumasilah rantai dengan cairan khusus atau bisa juga pergunakan oli.

Selanjutnya yang harus bro perhatikan adalah rem motor. Untuk menyetel rem ini, langkahnya adalah bro kencangkan pengunci batang penarik rem yang letaknya di dekat trombol. Untuk mendekatkan jarak main bebas yang melebar karena komponen kampas menipis, pergunakanlah kunci 10,12 atau 14. Bro juga harus perhatikan, dalam menyetel rem  harus disesuaikan dengan cara mengendarai motor.

Lebih detail cara memasang kabel kopling sendiri adalah sebagai berikut.

Pertama bro buka semua body motor yang dilalui oleh kabel kopling atau gas. Setelah itu bro pergunakan kunci untuk membuka baut yang terdapat pada kabel kopling. Setelah itu bisa dengan mudah membuka pentolan kopling dari handlenya.

Setelah itu pada push lever bro buka kabel tersebut menggunakan tang, dan lepaskanlah pentolan kabel kopling.

Selanjutnya jika terdapat klem kabel pada jalur kopling, bro putuskanlah klem tersebut. Setelah itu tariklah kabel kopling. Sebaiknya tarik kabel kopling dari atas. Karena sesuai pengalaman kami, jika di tarik dari bawah akan banyak  yang tersangkut. Bro juga harus hati-hari menarik kabel ini, karena salah-salah komponen motor yang lain bisa rusak.

Setelah itu bro pasangkan kabel yang baru, sebelum dipasang lumasi kabel dengan gemuk. Setelah berhasil di tarik bawah, dan posisi kabel baru sudah seperti yang lama, pasang kembali ke handle kopling, dan kencangkan baut as handle.

Setelah proses sebulnya selesai, ujung kabel kopling pasangkan ke push lever, pentolan kabel jangan lupa di tekuk. Aturlah jarak posisi yang ideal, dengan menyesuaikan sudut push lever.

Jangan lupa pasang kembali clamp kabel untuk bagian-bagian yang terdapat clamp. Dan pasangkan kembali body motor yang bro lepaskan tadi.

Demikianlah tips sederhana merawat motor yang telah menempuh jarak plus tips detail memasang kabel kopling sendiri.Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih telah berkunjung.

Incoming search terms: