Tips Sederhana Agar Aman Berkendara Di Malam Hari

Tentu saja di setiap daerah ada saja jalan yang tidak mendapat lampu penerangan jalan. Dan suasana yang gelap akan bro temukan. Tentu saja dari kegelapan tersebut mata akan menjadi semakin lelah, karena harus terus fokus, dan kalau tiba-tiba ada kendaraan dari arah yang berlawanan  dengan lampu sorotnya yang tajam, tentu saja akan sangat menyilaukan dan membahayakan.

tips berkendara di malam hari

Berikut adalah tips-tips aman berkendara pada malam hari.

Pertama yang harus bro waspadailah adalah rasa ngantuk. Jika bro sudah merasa ngantuk istirahatlah sebentar, setelah itu baru lanjutkan berkendara.

Jangan pernah meremehkan jalanan yang kosong, karena bisa jadi tiba-tiba muncul motor yang baru keluar dari rumah, atau dari jalan yang di kiri atau kanan.

Manfaatkanlah penuntun yang ada di tepi jalan, perhatikan bahu jalan, rambu lalu lintas dan lainnya.

Pergunakanlah kaca yang khusus untuk menghalangi silau di malam hari, atau pergunakan helm yang memakai kaca yang dapat memecah cahaya.

Pergunakalah lampu jauh saat menikung, tapi ingat, kalau ada pengendara lain dari arah depan, saat bro sudah menemukan jalan lurus, matikanlah lampu jauh tersebut. Sehingga pengguna dari pengendara yang dari arah depan tidak silau.

Jika bro tiba-tiba silau dari kendaraan yang di depan, cepatlah berkedip sehingga mata bisa menyesuaikan dengan keadaan yang baru atau beradaptasi.

Tetap waspada dan berkonsentrasi penuh, jika dari depan sudah tidak ada pengendara lain, pergunakan lampu jauh karena hal ini sangat membantu penglihatan bro di malam hari.

Kalau bisa sebaiknya bro menghindari berkendara di malam hari, karena resikonya lebih besar jika dibandingkan berkendara di siang hari.

Tips aman selanjutnya, tentu saja jangan lupa memakai help, walaupun bro yakin tidak ada polisi. Fungsi helm adalah untuk melindungi kepala, bukan untuk melindungi dari tilang, haha. Dalam memilih helm, seperti yang saya sebutkan di atas, pilihlah helm dengan kaca bening saat berkendara di malam hari.

Selanjutnya pergunakanlah sarung tangan, tentu saja ini berguna untuk melindungi tangan dari dingin.

Seperti layaknya pada siang hari, untuk menghalangi panas, bisa juga pada malam hari kita menggunakan sepatu. Seperti penggunaan sarung tangan, sepatu juga melindungi kaki kita dari udara dingin.

Pergunakanlah jaket yang tebal jika cuaca dingin, dan pertimbangkan untuk menggunakan jas hujan, karena ini sangat membantu untuk menghalau cuaca dingin.

Demikian tips aman berkendara di malam hari, ingat selalu untuk mengutamakan keselamatan saat mengendarai sepeda motor. Terima kasih telah berkunjung.

Incoming search terms: