ban motor sport

Tips Sederhana Bagaimana Merawat Ban Motor Agar Lebih Awet

motorcycleproductinfo.com – Setiap hari tentu saja bro melewati jalan yang hampir sama, jika bro  ingin membuat ban tetap awet, sebaiknya pergunkanlah jenis ban yang sesuai dengan tipe jalanan yang bro lewati setiap hari. Itu adalah salah satu langkah dari banyak tips agar ban lebih awet.

1. Tips lainnya yang bisa bro lakukan untuk memperpanjang ban adalah jika bisa bro pergunakanlah nitrogen untuk mengisi ban. Mengapa harus menggunakan jenis angin nitrigen? karena jenis angin ini membantu dalam meredam panas, sehingga tekanan angin tetap ideal.

2. Selanjutnya untuk pengisian angin pada ban, sebaiknya bro lakukan di pagi hari, namun tentu saja bagi bro yang memiliki kesibukan padat di pagi hari sehingga tidak sempat melakukan pengisian angin di bengkel langganan, maka bro bisa isi di siang hari jika terpaksa.

3. Bro bersihkanlah kerikil kerikil yang terdapat di sela-sela ban, karena jika dibiarkan kerikil itu akan merobek ban kendaraan.

4. Selanjutnya adalah pergunakanlah dongkrak samping seminimal mungkin.

5. Periksalah tekanan udara pada ban setiap hari, serutin mungkin. Jika ban tekanan tidak sesuai dengan gaya bro berkendara, akan mempengaruhi keseimbangan saat motor melaju.

6. Hindarilah memarkir motor di tempat terbuka  yang tidak terlindungi, yang terkena panas langsung. Ban akan semakin keras jika terkena sengatan matahari langsung.

cara merawat ban agar awet

Apakah ban motor bro sering kempes? padahal baru saja di isi angin, namun keesokan  harinya tekanan sudah berkurang atau terasa lembek.

1. Periksalah apakah sudah ada kesesuain antara ban dan velg yang terpasang.

2. Cek valve, jika rusak ganti dengan yang baru. Periksalah kondisi velg, apakah masih mulus atau sudah rusak. Cobalah apakah ada benda asing, raba permukaan velg, jika permukaan velg yang bersentuhan langsung dengan ban terasa ada yang kasar atau bengkok, perbaiki segera, bila perlu ganti.

3. Jika bro sudah berkali-kali menambal pada ban yang sama, bro harus pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru.

4. Periksalah posisi dari rim line, apakah sudah sejajar dengan bibir velg, Perbaiki, dan ganti jika memang sudah dalam kondisi mengkhawatirkan.

Saat memarkir motor yang akan di tinggal dalam waktu  yang lama, sebaiknya pergunakanlah dongkrak tengah.

Selanjutnya untuk menyimpan ban yang tidak terpakai, berikut adalah tips-tipsnya.

– Taruhlah ban di tempat yang terlindungi dan tidak terkena sinar matahari langsung.

– Dan simpanlah ban tersebut dengan diberdirikan satu per satu.

Demi keamanan dalam mengendarai motor, pemasangan ban juga perlu diperhatikan, peralatannya haruslah aman agar ban tidak bocor.

1.Saat memasang ban, pastikan posisi velg sejajar dengan rim line.

2. Ukuran ban dalam sesuaikan dengan ban luar yang bro pakai. Periksalah apakah ada batu, kerikil, paku sebelum memasang ban dalam.

3. Jika bisa pergunakanlah rim tape yang berfungsi untuk melindungi band dalam dari tusukan spoke velg.

4. Ban belakang harus dalam posisi yang lurus dan sejajar. Hal ini berguna untuk mencegah oleng saat berkendara.

Demikianlah tiips agar band awet serta tips saat memasang ban baru ke dalam motor kesayangan.

Incoming search terms: